Selasa, 23 Okt 2018 12:26 WIB

Punya Pabrik Besar di Indonesia Kenapa Suzuki Masih Impor Mobil?

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Suzuki Ertiga siap ekspor diparkir di pabrik Suzuki (Foto: Rengga Sancaya) Mobil Suzuki Ertiga siap ekspor diparkir di pabrik Suzuki (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Suzuki di Indonesia memang masih mengimpor secara utuh beberapa kendaraan roda empat dari Maruti Suzuki di India. Padahal Indonesia sendiri diklaim menjadi basis produksi Suzuki di dunia setelah Jepang, dan India.

Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama mengakui hal tersebut meski saat ini pihaknya tengah memasang target ekspor senilai Rp 11,3 triliun hingga 2022.



"Jadi kita sedang impor 3 unit mobil yaitu Ignis, Baleno, sama S-Cross, memang kita mau tuntutan PT SIM ini bisa menjadi Motherplant daripada Jepang dan India itu benar," ucap Itayama saat konferensi pers di Pabrik Cikarang, Senin (22/10/2018).

"Cuma tolong diingat bahwa walaupun kita punya big factory, selain ini kita masih punya di Thailand kita memiliki pabrik yang cukup besar, Hongaria di Eropa itu juga kapasitas produksi kurang lebih 250.000 unit itu juga cukup besar ya," tutur Itayama.

Menurutnya setiap pabrik mempunyai jobdesk produksi jenis kendaraan yang sudah ditetapkan masing-masing agar saling mengisi satu sama lain.
"Jadi factory masing-masing itu kita punya visi misi berbeda, andaikata semua Jepang, India, Indonesia semua pabrik memproduksi sama jenis, apa coba?" kata Itayama.

Ia juga mengatakan meski masih menerima impor mobil pihaknya selalu mengikuti aturan regulasi yang dibuat pemerintah, dan tidak menutup kemungkinan produk impor tersebut juga akan diproduksi di dalam negeri. "Kita masih studi," pungkas Itayama.

Di Indonesia sendiri Suzuki telah memiliki empat pabrik, yakni Cakung Plant, Tambun I Plant, Tambun II Plant, dan Cikarang Plant. Salah satu pabrik terbesar yang memproduksi mobil adalah Cikarang Plant, baru diresmikan sejak tahun 2015, pabrik dengan luas 1,3 hektar ini memproduksi All New Ertiga, Engine K10B (1.000 cc), & K15B (1400 cc) l, transmission MF 60 & MF 70.

Video Ekspor Suzuki Ertiga dan Nex

[Gambas:Video 20detik]

(Ridwan Arifin/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed