Selasa, 16 Okt 2018 18:30 WIB

Kalau Benar Diluncurkan, Ini Calon Lawan Esemka di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil SUV Esemka Tertangkap Kamera, Namanya Garuda 1. Foto: Facaebook Mobil SUV Esemka Tertangkap Kamera, Namanya 'Garuda 1. Foto: Facaebook
Jakarta - Esemka dikabarkan siap merilis mobilnya dalam waktu dekat. Bahkan, delapan mobil Esemka sudah mendapat restu untuk diproduksi karena sudah lulus uji tipe.

Mobil-mobil Esemka yang sudah lulus uji tipe itu ada pikap, bus kecil, dan dua mobil penumpang. Mobil-mobil Esemka itu juga bakal menantang mobil dari Jepang yang sudah malang melintang di Indonesia.

Pertama ada Esemka Garuda I yang merupakan sebuah mobil SUV bermesin 2.0 liter 4x4 MT. Mesin yang digendong Esemka Garuda I adalah mesin diesel. Di Indonesia, Esemka Garuda I bisa menantang Toyota Fortuner hingga Mitsubishi Pajero Sport. Bedanya, mesin Esemka Garuda I lebih kecil yaitu 2.000 cc, sementara Pajero Sport 4x4 mesinnya diesel 2.400 cc dan Fortuner 4x4 2.700 cc diesel.



Selain Garuda I, Esemka disebut juga memiliki mobil penumpang lainnya. Mobil penumpang itu adalah Esemka Niaga dengan mesin 1.000 cc 4x2 M/T. Kalau ini diluncurkan, Esemka Niaga akan menantang mobil-mobil di kelas LCGC atau low cost green car.

Esemka Niaga bakal menantang mobil 1.000 cc seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan Suzuki Karimun Wagon R. Selain itu, ada juga mobil 1.000 cc di luar LCGC yang ditantang Esemka Niaga, yaitu Renault Kwid.

Selanjutnya ada kendaraan komersial berupa mobil pikap, namanya Esemka Bima. Ada empat tipe Bima yang lulus uji tipe, yaitu Esemka Bima 1.0 (4x2) M/T, 1.3 L (4x2) M/T, Bima 1.3 (4x2) M/T, dan Bima 1.8D (4x2) M/T.



Mobil barang bak bermuatan terbuka Bima 1.0 (4x2) M/T akan menantang pikap Daihatsu HiMax yang sama-sama menggendong mesin 1.000 cc. Sementara Bima dengan mesin 1.300 cc kemungkinan bakal menantang mobil pikap seperti Daihatsu GranMax dan beberapa pikap 1.500 cc lain seperti Suzuki APV, Suzuki Carry, Mitsubishi T-120SS, DFSK Super Cab, hingga Tata Super Ace Dle.

Sedangkan Bima 1.8 akan menantang pikap seperti Toyota Hilux yang pakai mesin diesel dan beberapa pikap Isuzu.

Selain itu, Esemka juga disebut akan mengeluarkan mobil model bus kecil bernama Borneo. Mobil itu akan menggendong mesin diesel 2.700 cc 4x2 M/T. Mobil bus kecil ini akan menantang Toyota HiAce.

Terakhir adalah Esemka Digdaya. Mobil ini berbentuk pikap kabin ganda. Esemka Digdaya juga sempat tertangkap kamera di Solo. Berbentuk kabin ganda, Esemka Digdaya akan menantang mobil-mobil seperti Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Nissan Navara, serta Isuzu D-Max. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed