Senin, 15 Okt 2018 15:31 WIB

Saingi Porsche 911, Jaguar F-Type Bakal Memiliki 4 Penumpang

M Luthfi Andika - detikOto
Jaguar F-Type model 2016 Foto: Jaguar Jaguar F-Type model 2016 Foto: Jaguar
Jakarta - Setelah dikabarkan akan banyak memperkenalkan penggerak motor listrik, Jaguar akan ikut mengubah F-Type. Jaguar F-Type nantinya bakal memiliki 4 penumpang. Jaguar melakukan hal ini demi menyaingi Porsche 911.



Seperti dikutip Car Magazine Senin (15/10/2018), Jaguar F-Type sudah berkelana selama 5 tahn terakhir, dan penggantinya tengah disiapkan Jaguar.

F-Type yang penjualannya kurang ngegas ini akan digantikan dengan model yang lebih lega namun lebih enteng dengan rencana peluncuran pada 2020.

Jaguar berencana merilis versi atap terbuka dan tertutup di berbagai negara. Belum ada detail yang pasti namun, Jaguar F-Type bakal mengusung konfigurasi kursi 2+2 agar bisa menyaingi Porsche 911.

Untuk memproduksi mobil, Jaguar tidak lagi menggunakan arsitektur yang dikenal dengan nama PLA-D6a. Jaguar menyebut arsitektur baru F-Type itu sebagai D7b evolution, tetap memakai aluminium agar lebih enteng.

Yang menarik soal mesin, mobil akan menggunakan mesin buatan BMW, 4,4 liter twin-turbo V8 yang menghasilkan tenaga sampai 560 bhp. Mesin ini akan menggantikan mesin supercharged 5.0-litre V8 yang sebelumnya dipatenkan oleh Ford. Jaguar menyebut mesin barunya itu sebagai Project Jennifer.


Namun F-Type tetap akan menjadi mobil sport dengan mesin di depan. Ada juga obrolan tentang mobil F-Type dengan tenaga penggerak listrik murni.

Mobil listrik itu menghasilkan tenaga 100kWh dan 2 motor listriknya masing-masing mencapai 150kW/350Nm. Tapi mobil listrik F-Type takkan diluncurkan sampai 2023 menunggu teknologi baterai seperti apa yang akan dipakai.




Tonton juga 'Melihat Jaguar Land Rover dari Masa ke Masa':

[Gambas:Video 20detik]

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed