Senin, 15 Okt 2018 14:10 WIB

Seperti Toyota Cs, Sudah Diproduksi Esemka Bakal Diuji Lagi

Dina Rayanti - detikOto
Foto: dok detikOto Foto: dok detikOto
Jakarta - Lulus Uji Tipe kemudian masuk jalur produksi tidak berarti mobil langsung bisa dijual secara bebas. Kepala Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida menyebut Esemka bakal kembali diuji usai mobil selesai diproduksi.

"Kalau sekarang kita terbaru ada Permen 33 tentang Uji Tipe, jadi nanti ada uji sample. Semua mobil yang sudah diproduksi yang sudah dijalankan nanti kami uji sample, dites uji tipe dibuktikan sama dengan yang dulu diuji, jadi konsistensinya kita cek," terang Caroline kepada detikOto, Senin (15/8/2018).

"Itu sama sema (merek-merek Jepang) kalau sudah diproduksi kami uji sample," lanjut Caroline.


Menurut Caroline, kedelapan Esemka yang diajukan lulus Uji Tipe semuanya dinyatakan lolos dan siap diproduksi secara massal.

Namun bicara soal produksi kendaraan ia menyerahkan kepada produsen Esemka.

"Yang saya uji setelah 1 April 2016 itu ada dua mobil barang dan satu mobil penumpang. Nah yang lima sisanya itu sudah duluan tahun 2016. Saat itu BPLJSKB hanya menguji saja, penentuan lulus atau nggak di pusat," tambah Caroline.

Sebagai informasi, Kementerian Perindustrian lewat Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menyatakan delapan mobil Esemka bahkan sudah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT).


Putu pun mengamini soal Esemka yang bakal diproduksi bulan Oktober.

"Rencana seperti itu (Oktober mulai produksi)," kata Putu. Wah! jadi nggak sabar ya Otolovers! Kira-kira mobil ini mampu bersaing dengan pabrikan Jepang yang menjual mobilnya di Indonesia tidak ya?




Tonton juga 'Soal Esemka, Jokowi akan Dorong agar Industri Berkembang':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed