Minggu, 07 Okt 2018 09:54 WIB

Diisi 7 Penumpang, Toyota Calya Masih Suka Amblas

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Mobil-mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) saat ini menjadi incaran di Indonesia. Apalagi yang kapasitasnya bisa memuat 7 orang. Tentu peran LCGC itu bisa menyamai mobil LMPV.

Dengan harga jual lebih murah, mobil sama-sama bisa memuat 7 penumpang. Meski begitu, tak berarti LCGC 7 penumpang terhindar dari masalah, misalnya Toyota Calya.


Meskipun bisa menampung hingga 7 orang, permasalahan yang muncul pada Calya adalah suspensi belakang amblas saat kapasitas mobil diisi 7 orang penuh.

Hal tersebut juga turut dirasakan anggota member Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) chapter Bekasi, Asep yang sudah bergabung sejak 1 tahun yang lalu.

"Masalahnya Calya itu di kaki-kaki, kan suspensi bawaannya terlalu empuk ya, jadi kalo beban full 7 seater ini dia agak amblas," ucap Asep kepada detikOto.

Tetapi menurut Asep hal itu bukanlah masalah besar. Sebab, Calya masih bisa mentolerir bobot mobil hingga 500 kg. Namun terkadang para penggunanya sering mengabaikan berat badan para penumpangnya.


"Itu kenapa amblas, karena toleransi yang diterima sama dia (Calya) itu sebenarnya 500 kg, jadi logikanya gini, itu kan 7 seater, kalo satu orang rata-rata beratnya 100 kg berati kan 700 kg, overweight dong, udah pasti amblas," ungkap Humas KTCI Rizal Gozali.

"Nah kalo diisi full semua misalkan beratnya cuma sekitar 450 kg, keliatan amblas itu masih diklaim sama Toyota masih aman, karena toleransinya 500 kg," tambahnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com