Vietnam Garap Mobnasnya dalam 2 Tahun, Esemka Kalah Cepat!

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 05 Okt 2018 13:23 WIB
SUV VinFast. Foto: Carscoops
Jakarta - Membuat sebuah mobil memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Apalagi kalau mobil tersebut bakalan dijual di seluruh dunia. Tapi satu terobosan baru dibuat oleh Vietnam.

Tidak butuh waktu lama bagi negara yang sama-sama berada di ASEAN itu untuk membuat mobil nasional pertamanya sekaligus bakal dijual di seluruh dunia. Mobil itu digarap oleh perusahaan pengembang properti terkemuka di Vietnam, Vingroup.



VinFast yang berada di bawah naungan Vingroup itu diharap bisa menjadi salah satu produsen mobil papan atas di ASEAN dalam waktu dua tahun saja. VinFast memang tidak dikerjakan sendiri, banyak pihak terlibat dalam proyek mobnas pertama Vietnam ini.


"Kami melakukannya dalam 24 bulan padahal biasanya OEM membutuhkan waktu hingga 60 bulan," tutur CEO VinFast yang sebelumnya bekerja untuk GM, Jim deLuca dikutip CNBC, Jumat (5/10/2018).

Sebelumnya diberitakan Reuters, awal tahun VinFast menggandeng General Motors yang kemudian menghasilkan kesepakatan. Hasil kesepakatan tersebut adalah GM setuju pabriknya digunakan untuk VinFast. VinFast juga dibolehkan untuk menjadi distributor eksklusif mobil Chevrolet di Vietnam.


Nantinya VinFast bakal diproduksi di bawah lisensi GM mulai tahun 2019. Dengan begitu pabrik, jaringan diler, hingga para pekerja yang sebelumnya bekerja untuk GM bisa mulai mengerjakan projek VinFast.



Proyek mobnas pertama Vietnam ini bisa dibilang keroyokan. Lebih dari 60.000 orang terlibat mengerjakannya. Vietnam tak sendiri, desainer-desainer mobil top Eropa pun dilibatkan dalam mengembangkan mobil ini. Termasuk desainer yang mengerjakan Italdesign dan Pininfarina.

Mobil itu baru saja dipamerkan VinFast dalam pameran otomotif tahunan Paris Motor Show 2018. VinFast mejeng bersama mobil-mobil merek terkemuka di dunia.

(dry/ddn)