ADVERTISEMENT

Diskusi Kendaraan Listrik

Mobil Listrik di RI Paling Murah Rp 600 Juta, Siapa Mau Beli?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 04 Okt 2018 18:44 WIB
Pengecasan mobil listrik di salah satu mal Jakarta. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Teknologi canggih tentu harus dibayar dengan harga yang setimpal. Mobil listrik misalnya dengan segudang teknologi di dalamnya membuat harganya melambung tinggi. Termasuk di Indonesia mobil listrik tergolong mobil mewah dengan banderol harga yang juga tinggi.

Tak banyak memang produsen mobil yang menjual mobil listrik (termasuk hybrid) di Tanah Air. Kalau dulu ada Honda, Nissan, saat ini tercatat Toyota masih konsisten dengan Camry hybrid. Atau kalau mau lebih canggih dan mahal lagi ada mobil sport BMW i8 yang dijual mulai dari harga Rp 3,996 miliar OTR Jakarta.


Mengambil contoh Camry Hybrid yang masih dijual oleh Toyota di Indonesia harganya mencapai Rp 791 juta. Sementara versi bensinnya dijual lebih murah yakni Rp 599,15 juta.

Jika Otolovers menginginkan model yang sama tentu lebih memilih mobil dengan harga jual lebih murah ya. Itulah mengapa mobil listrik tak dilirik.

"Jadi tantangannya buat Indonesia adalah menyiapkan infrastruktur, kalau belum siap agak repot. Saat ini harga EV paling di Indonesia paling murah Rp 500-600 juta," ungkap Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara dalam Diskusi Kendaraan Listrik detikcom dan CNN Indonesia di Jakarta, Kamis (4/10/2018).


Sekum Gaikindo Kukuh Kumara dalam diskusi kendaraan listrik di JakartaSekum Gaikindo Kukuh Kumara dalam diskusi kendaraan listrik di Jakarta Foto: Ari Saputra



Mobil listrik memang belum banyak berkembang di Indonesia. Selain harga, infrastruktur pengecasan juga belum memadai. Ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi calon pembeli.

Mereka khawatir apabila baterai habis di jalan dan jalanan yang dilalui macet, bagaimana harus mengiri baterainya. (dry/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT