Selasa, 25 Sep 2018 09:46 WIB

Mazda Bakal Buat CX-3 Lebih Besar, Jadi Mirip Honda HR-V

Luthfi Anshori - detikOto
Mazda CX-3. Foto: Paultan Mazda CX-3. Foto: Paultan
Jakarta - Mazda siap meluncurkan CX-3 generasi terbaru, paling cepat tahun 2020 mendatang. Seperti dilansir Paultan.org, konsep Mazda CX-3 siap memulai debutnya tahun depan. CX-3 terbaru ini kabarnya akan menggunakan platform yang sama dengan generasi terbaru Mazda 3. Aritnya dimensi bakal lebih besar hingga mirip dengan Toyota C-HR, Hyundai Konda, bahkan Honda HR-V.

Mobil ini dikabarkan bakal menggunakan desain sasis baru yang disebut Mazda sebagai SkyActiv-Vehicle Architecture. Sasis ini diklaim lebih lebih kuat dan lebih kaku (rigid).


Platform sasis baru ini mencakup sistem suspensi belakang torsion beam yang disetel ulang, sehingga diklaim memiliki kemampuan meredam getaran yang lebih baik dan membuat kabin lebih senyap.

Direktur R&D Mazda, Kiyoshi Fujiwara, mengatakan digunakannya struktur sasis baru ini karena adanya kritik terhadap model SkyActiv Mazda sekarang, yang dinilai terlalu berisik.

"Suspensi model torsion beam axle jauh lebih baik daripada suspensi multi-link dalam hal meredam kebisingan jalan. Jadi kami memilih itu untuk mengurangi kebisingan jalan yang masuk kabin, karena kami mendapat banyak keluhan soal hal itu," ujar Fujiwara.


Penambahan potensial lainnya adalah perlengkapan dari mesin SkyActiv-X. Mesin bensin berteknologi tinggi terbaru, dengan Spark Controlled Compression Ignition (SPCCI). Mazda mengatakan, mesin supercharged akan menghasilkan output tenaga 190 hp dan 230 Nm.

Selain perubahan sasis dan mesin, kabarnya CX-3 baru juga bakal mendapatkan pembaruan di sektor interior. Meliputi jok baru, dasbor baru, serta ruang kabin yang lebih luas, khsusunya di kursi penumpang.

Prototipe Mazda CX-3 2019, dengan SkyActiv-X sendiri sudah diperkenalkan di Jepang. Jika jadi meluncur, mobil ini akan menantang para rivalnya di kelas SUV 5 seater seperti Toyota C-HR, Hyundai Kona, Honda HR-V, dan Subaru XV.

Menarik ditunggu nih Otolovers. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed