Kamis, 20 Sep 2018 16:31 WIB

Dari Avanza Sampai Xpander, Ini MPV yang Tak Cuma Jago Kandang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ekspor Mitsubishi Xpander. Foto: Rengga Sancaya Ekspor Mitsubishi Xpander. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia sebenarnya tidak cuma jago kandang. Pabrikan otomotif bahkan menjual mobil yang biasanya masuk dalam daftar mobil terlaris di Indonesia ke berbagai negara di dunia.

Salah satu segmen yang paling menarik adalah MPV yaitu segmen yang paling diminati masyarakat Indonesia. Nyatanya, banyak juga negara lain di dunia yang tertarik dengan produk mobil MPV buatan Indonesia.



Mobil-mobil seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Toyota Sienta hingga Suzuki Ertiga diminati di berbagai negara. Dalam data ekspor CBU yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), puluhan hingga ribuan unit mobil MPV dikirim ke luar negeri setiap bulannya.

Mitsubishi Xpander, misalnya, diekspor sebanyak 3.735 unit selama bulan Agustus 2018. Angka ekspor Mitsubishi mengalami kenaikan dari 2.291 pada bulan Juli.

Rival utamanya, Toyota Avanza pun disebar ke seluruh dunia. Pada Agustus 2018, Toyota Avanza tercatat diekspor sebanyak 2.717 unit, turun dari 3.366 unit di bulan Juli 2018.



Sementara itu, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengekspor Toyota Sienta. Pada bulan kedelapan tahun ini, Sienta sudah diekspor sebanyak 856 unit. Juga Toyota Innova yang diekspor sebanyak 316 unit.

Suzuki turut menyumbang angka ekspor CBU untuk model MPV. Namun, angka ekspor CBU Suzuki Ertiga terbilang kecil, hanya 26 unit pada Agustus 2018.

Meski begitu, mobil-mobil seperti Ertiga dan Mobilio lebih banyak diekspor dalam bentuk terurai dan ekspor komponennya saja. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed