Selasa, 18 Sep 2018 10:47 WIB

Sparepart Copotan dari Bangkai Mobil Banyak Diburu

Ridwan Arifin - detikOto
Sparepart copotan dari bangkai mobil. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Mobil tidak selamanya nyaman dikendarai. Soalnya, ada saja komponen atau suku cadang yang memiliki batas usia. Bila mengganti dengan part yang asli, harganya bisa jadi lebih mahal. Guna mengakalinya, pemilik mobil juga gencar memburu sparepart copotan dari bangkai mobil.

Rois sebagai salah satu pelapak copotan bangkai mobil spesialis BMW di wilayah Bambu Apus, Jakarta Timur, mengatakan harga sparepart copotan di sana terpaut sangat jauh dari harga part asli yang baru.



"Kalau pasar lumayanlah buat sparepart BMW ini, kalau beli baru kan lebih mahal, bisa dibilang ini alternatif buat yang nggak mau keluar banyak biaya," tutur Rois kepada detikOto di Bambu Apus, Jakarta Timur.

Ia menambahkan, konsumennya kebanyakan datang mencari sparepart untuk mobil yang digunakan harian. "Kalau buat modifikasi sepertinya jarang, karena kan part di sini standar semua, tapi kadang ada bagian yang bagus," ungkap Rois.



Pada umumnya seperti pelapak lain, mobil yang sudah dibeli Rois lantas kemudian dibongkar untuk diambil onderdil yang masih layak pakai, sehingga dapat dijual kembali.

"Pastinya dijual lagi, tapi sekarang sudah jarang main mobil utuh, kebanyakan main copotan seperti mesin, kaki-kaki, lampu mobil, bumper, dan banyak macamnya tergantung kebutuhan konsumen," kata dia.

Harga bervariatif tergantung kondisi dan juga kelangkaan suku cadang mobil yang akan dicari. "Kisaran harga mesin BMW untuk tahun 1990 ke atas sekitar Rp 5 sampai 8 Juta, sedangkan gearbox Rp 2,5 Juta," kata Rois. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com