Senin, 10 Sep 2018 13:21 WIB

Ada Beberapa Merek Mobil Siap Investasi di Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi pabrik mobil (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Dunia otomotif Indonesia tak henti-hentinya menarik minat produsen luar negeri. Ada beberapa merek yang siap berinvestasi di Indonesia, namun mereknya apa pemerintah masih merahasiakannya.

Merek mobil itu akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan, dan siap melakukan ekspor.

"Ada beberapa brand yang tidak bisa saya sebutkan saat ini dalam waktu dekat akan melakukan investasi di dalam negeri. Karena memang tidak hanya dijadikan pasar tapi juga akan dijadikan base untuk melakukan ekspor," ujar Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto di Jakarta.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebelumnya menyebutkan ada beberapa merek Rusia dan China yang sudah membidik pasar Indonesia, mereka adalah BYD, Foday, Lada, serta Gaz. Belum diketahui apakah merek-merek ini yang akan berinvestasi di Indonesia.



Pada launching Industry 4.0 April lalu, pemerintah memberikan dukungan pada sektor industri otomotif dalam negeri. Pemerintah berharap industri otomotif bisa menjadi salah satu leading sector dalam hal ekspor.

Pemerintah memang saat ini tengah berupaya meningkatkan ekspor untuk mengurangi defisit neraca perdagangan. Salah satunya dengan pengendalian impor mobil mewa. Sejumlah manufaktur otomotif menyiasati kebijakan ini dengan mengimpor kendaraan secara terurai dan kemudian merakitnya di Indonesia atau istilahnya Completely Knock Down/CKD.



"Daripada CBU yang masuk kan mendingan CKD. Produksi mobil CKD walaupun volumenya belum besar tetapi mereka sudah menambah tenaga kerja dan itu yang kita harapkan dari brand-brand yang lain. Setelah itu kita dorong untuk membangun lokal konten dalam negeri," ujar Haryanto.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com