ADVERTISEMENT
Selasa, 24 Jul 2018 18:15 WIB

Tren Keke Challenge yang Berbahaya, Jangan Ditiru Ya!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Keke Challenge dianggap berbahaya karena bermain-main dengan mobil yang bergerak. Foto: Sosial media Keke Challenge dianggap berbahaya karena bermain-main dengan mobil yang bergerak. Foto: Sosial media
Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan tren tantangan Keke Challenge atau 'In My Feelings' challenge. Tantangan ini menuai pro-kontra lantaran dianggap membahayakan.

Dalam tantangan ini, diputar lagu 'In My Feelings' dari Drake. Di tantangan tersebut, warganet menari dengan latar suara lagu tersebut. Tarian dilakukan di luar mobil yang sedang berjalan.

Awalnya, mereka berada di dalam mobil yang melaju. Ketika lagu diputar, mereka keluar dari mobil, sementara mobilnya tetap berjalan meski dengan kecepatan rendah. Tantangan ini viral di dunia maya. Bahkan sampai public figure pun menirukan tantangan yang dianggap berbahaya ini.



Praktisi keselamatan berkendara menganggap Keke Challenge ini merupakan tindakan berbahaya. Soalnya, tantangan ini melibatkan kendaraan yang melaju meski kecepatannya rendah.

"Mengomentari #kekechallenge atau kiki challenge atau apa pun namanya, dansa viral ini bisa dibilang tindakan bodoh dan tidak patut dicontoh. Semua aktivitas yang melibatkan mengemudikan kendaraan baik sebagai pengemudi maupun penumpang harus disikapi serius dan bukan untuk dibuat mainan karena potensi celakanya yang sangat besar," kata Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, kepada detikOto, Selasa (24/7/2018).

Andry menegaskan, ketika berkendara pengemudi harus fokus dalam mengendalikan kendaraan. Jika menjadi penumpang, maka konsentrasi tetap juga menjadi hal utama.



"Aksi keluar dari mobil yang tengah bergerak berisiko besar mengakibatkan si orang terjatuh, bahkan terlindas dan tertabrak/menabrak objek lain di jalan umum," kata Andry.

Untuk itu, Andry menyarankan agar tidak melakukan aksi ini baik di lingkungan umum maupun lingkungan perumahan. Sebab, kata dia, kendaraan (mobil) bukan mainan. Karena mobil yang bergerak sewaktu-waktu bisa menjadi ancaman.

"Sudah seharusnya kita sadar tentang aspek bahaya dan risiko mengemudi karena tren kecelakaan lalu lintas tetap pada grafik yang mengkhawatirkan," ucapnya.

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com