Kamis, 12 Jul 2018 16:50 WIB

Ini Kunci Kesuksesan Mobil Tanpa Pengemudi

- detikOto
Foto: Volvo Foto: Volvo
Jakarta - Saat ini berbagai pabrikan otomotif tengah berlomba untuk bisa melahirkan mobil masa depan. Di antaranya mobil otonom yang bisa berkendara sendiri untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Namun apakah ini memungkinkan, jika setiap pabrikan memiliki sistem yang berbeda?



Karena meski bagaimanapun berbagai merek mobil ada di satu jalanan. Sehingga jika setiap pabrikan memiliki sistem yang berbeda, sudah pasti mobil otonom akan sulit terwujud.

Namun hal ini bisa saja terpecahkan, seperti dikutip Digital trend, Kamis (11/7/2018), untuk bisa benar-benar mewujudkan mobil otonom, yaitu setiap pabrikan harus berkolaborasi untuk melahirkan kode yang sama.



Jika memiliki kode yang sama memungkinkan sistem mengemudi sendiri atau mobil otonom dapat berbicara satu sama lain, sehingga bisa berbagai jalanan tanpa ada permasalahan.

"Ini adalah pertama kalinya menerapkan beberapa sistem penggerak semua beroperasi pada kursus tes yang sama dan berinteraksi satu sama lain, mematuhi aturan yang sama di jalan dan seterusnya," ujar Bryan Salesky, CEO of Pittsburgh, Pennsylnia.

"Kami senang melihat interaksi itu sangat mirip manusia. Sistem canggih mampu berinteraksi dengan lalu lintas robot tanpa masalah," katanya.



Jika memang setiap pabrikan sudah memiliki kode yang sama dalam menerapkan sistem otonom, sudah pasti mobil otonom bisa saja terwujud. Akan tetapi ini masih menyisahkan pertanyaan, sistem pabrikan mana yang dipilih untuk bisa digunakan oleh pabrikan lainnya?

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed