Rabu, 04 Jul 2018 20:57 WIB

Mobil Listrik Tesla yang Masuk Indonesia Sudah Lulus Uji Tipe

Ruly Kurniawan - detikOto
Tesla milik Bambang Soesatyo Foto: Gibran/detikcom Tesla milik Bambang Soesatyo Foto: Gibran/detikcom
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo memiliki dua mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Model S 60D dan Tesla Model X. Sebelum masuk ke Indonesia, mobil yang dibawa secara utuh dari AS tersebut dilakukan pengujian. Hasilnya, Tesla sudah lulus uji tipe.



Begitulah yang dipaparkan oleh Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan di Jakarta, Rabu (4/7/2018). Sejalan dengan semangatnya Indonesia untuk beralih mengunakan kendaraan ramah lingkungan atau LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), regulasi yang diperlukan sedang disiapkan salah satunya adalah pengujian tipe kendaraan untuk beroperasi di jalanan Indonesia.



"Sebelum masuk dan digunakan di Indonesia, semua kendaraan harus lulus uji tipe dahulu tak terkecuali mobil listrik. Kita sudah menguji 12 kendaraan listrik dan yang lolos 9," ucap Dewanto.

Beberapa model yang sudah lulus uji tipe adalah mobil listrik atau hybrid besutan Honda, Toyota, sampai Tesla.



"Saya tidak bisa sebutkan detil, datanya kebetulan tidak tertulis. Tapi seingat saya Tesla, Viar Q1, dan beberapa mobil Toyota dan Honda sudah lulus," katanya.

Tapi sayang, Dewanto tidak bisa sebutkan aspek apa saja yang dinilai pada uji tersebut. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed