Selasa, 05 Jun 2018 09:45 WIB

Bos Toyota Ogah Komentari Sienta Baru untuk Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Toyota dikabarkan akan meluncurkan Sienta versi penyegaran di Jepang pada Juli 2018. Setelah diperkenalkan di Jepang facelift Toyota Sienta ini akan dipasarkan di ASEAN di tahun yang sama.

Menanggapi kabar itu, Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto enggan memberikan komentarnya. Dia hanya memberikan jawaban normatif.



"Kalau kita setiap ada perubahan produk pasti kita info kalau sudah waktunya. No comment lah ya (untuk Sienta facelift)," kata Henry di acara buka puasa bersama Toyota dengan media otomotif nasional di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Sementara itu, nasib Toyota Sienta di Indonesia seakan memudar. Tercatat angka penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Toyota Sienta mengalami penurunan. Periode Januari-April 2018, wholesales Sienta hanya 1.571 unit, turun dari 5.788 unit di periode yang sama tahun lalu.

"Memang waktu itu (tahun 2017 dengan penjualan sebanyak lebih dari 5.000 unit) karena efek launching ya. Waktu itu sangat tinggi. Tapi setelah normalize kemudian dengan kita juga ada Rush dan yang lain jadi memang normalize (angka penjualan normal) Sienta akhirnya stabilnya di sekitar 700 sampai 1.000 unit," ucap Henry menanggapi data penjualan Sienta yang turun drastis.

Sepertinya memang orang Indonesia butuh Sienta dengan desain yang lebih segar. Henry tak menutup kemungkinan menghadirkan Sienta facelift.

"Kita juga lagi pelajari apa sih di segmen ini yang customer mau dari sebuah produk," katanya.

Diberitakan sebelumnya, penyegaran Sienta generasi kedua yang akan meluncur di Jepang pada Juli nanti mulai dari desain eksterior ataupun interior. Mobil memiliki pilihan warna baru dan berbagai sistem keamanan terbaik juga bakal diberikan, seperti fitur keselamatan Toyota Safety Sense C Package.

Tidak sampai disitu, sistem keamanan TSS-C bersama dengan Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB) juga akan ikut diberikan.

Soal mesin penggerak, Toyota akan menawarkan 4 pilihan mesin bensin yakni 1NZ-FE 1.5L bensin, 2NR-FE 1.5L bensin, 2NR-FKE 1.5L bensin and 2ZR-FAE 1.8L bensin.

Untuk mesin 1NZ-FE bakal mampu menyemburkan 103 PS dan torsi 132 Nm. Sedangkan mesin 2NR-FE mampu menyemburkan 107 PS dan torsi mencapai 140 Nm. Selanjutnya mesin 2NR-FKE diklaim mampu menyemburkan 109 PS dan torsi 136 Nm, dan untuk mesin 2ZR-FAE bakal mampu menyemburkan 140 PS dan torsi 172 Nm. Dipastikan semua mesin ini akan dikawinkan dengan CVT standar.

Namun untuk pilihan pasar domestik Jepang, Toyota Sienta terbaru ini akan menawarkan pilihan hybrid. Dengan mengkawinkan mesin 1nZ-FXE 1.5 liter (74 PS/111Nm) dengan motor listrik 2LM (61 PS/169 Nm). (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed