Senin, 04 Jun 2018 18:54 WIB

Satu Lubang di Jalan Biaya Servis Mobil Bisa Mencapai Rp 64 Jutaan

Dina Rayanti - detikOto
Jalanan Berlubang Foto: Ford Jalanan Berlubang Foto: Ford
Jakarta - Terkadang kita masih suka mengabaikan jalanan berlubang. Padahal kalau mobil sering menghantam lubang, tak terasa lama-lama justru bisa berdampak ke kerusakan mobil.



Bukan kerusakan ringan dan murah nih Otolovers. Bahkan bisa digolongkan dalam kerusakan yang cukup menguras kantong. Seperti di Inggris misalnya, mobil yang hanya menghantam satu lubang saja biaya perbaikan mobil bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Di Inggris yang hitungannya negara maju, jalanan berlubang masih kerap ditemukan di sana. Warga Inggris harus merogoh kocek dalam-dalam.

Melansir The Sun, Senin (4/6/2018), sebuah perusahaan asuransi mobil Inggris MotorEasy mengungkap biaya mereparasi mobil akibat jalan berlubang mencapai lebih dari 3.500 Poundsterling atau kalau dirupiahkan mencapai Rp 64,9 juta untuk mobil sejenis Range Rover Sport.



Sementara kalau untuk rata-rata biaya reparasi mobil akibat jalan berlubang mencapai 400 Poundsterling yang steara dengan Rp 7,4 juta.

Menghantam lubang bisa memberikan kerusakan serius roda, sumbu roda, rem, hingga suspensi. Dalam data yang dimiliki MotorEasy, dari 30.000 mobil yang melakukan klaim asuransi, kebanyakan mengalami kerusakan parah pada as roda dan suspensi.

Di Inggris, mereka yang mobilnya mengalami kerusakan akibat jalan berlubang boleh mengklaim ke otoritas lokal. Namun tidak menjamin semua klaim tersebut diganti. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed