Kamis, 24 Mei 2018 21:58 WIB

Mobil Saja Jarang, Motor Jadi Pemandangan Langka di Korea Utara

Dina Rayanti - detikOto
Mobil di Korea Foto: Autotrader.ca Mobil di Korea Foto: Autotrader.ca
Pyongyang - Korea Utara mungkin saja masuk ke dalam daftar terakhir sebagai tempat tujuan mereka yang hobi turing motor. Bagaimana tidak, Korea Utara memang sangat tertutup sehingga menyulitkan bagi para wisatawan.



Tak seperti di beberapa negara Asia lain termasuk Indonesia, motor sangat jarang ada di Korea Utara. Kalaupun ada, motor biasanya buatan China atau dirakit dari sepeda buatan Jepang untuk tujuan tertentu. Mesinnya pun kecil hanya 125 cc.

Meski cukup peduli dengan lingkungan dan menginginkan negaranya bebas dari polusi, tapi motor ramah lingkungan bertenaga listrik pun masih cukup jarang.



Jalanan luas, ada banyak ruang untuk berkendara. Tapi itu tak membuat orang ingin mengendarai motornya sendiri. Padahal jalanannya cukup enak untuk pengendara motor.

Motor di Korea Utara juga sulit untuk diidentifikasi karena dibuat dari komponen seadanya. Jenis transportasi paling populer adalah sepeda.



Kebanyakan warga Korea Utara, memilih untuk menggunakan transportasi umum seperti bus, menumpang di bak truk, atau trem.

Selain motor, mobil juga sangat jarang beredar di Korea utara. Tidak semua kalangan boleh memiliki mobil. Hanya mereka yang berasal dari kalangan pemerintah dan militer saja diperbolehkan memiliki kendaraan. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed