Selain Muat Banyak, Ini yang Bikin MPV Makin Populer

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Kamis, 24 Mei 2018 12:47 WIB
Ilustrasi mobil MPV Foto: Nissan
Jakarta - Mobil penumpang jenis multi purpose vehicle (MPV) jadi jenis mobil yang paling laris saat ini di pasar roda empat Indonesia. Alasan utamanya, karena MPV bisa memuat banyak penumpang. Namun selain kapasitas muatan, ada lagi yang membuat awal mula MPV naik daun.



Dijelaskan Ketua Umum Gaikindo, Yohannaes Nangoi, awalnya Sedan jadi mobil yang paling banyak dilirk konsumen di pasar Indonesia. Namun karena pajak yang tinggi dibandingkan MPV, mobil mulai kehilangan pamor.

Pajak tinggi yang dipasang pada mobil sedan dikarenakan anggapan bahwa pengendara yang memakai mobil sedan adalah yang ekonominya menengah ke atas alias orang kaya.



"Aturan main mobil itu dulu berdasarkan bentuk, sedan itu tiga boxes, yang naik sedan itu dianggap orang kaya jadi PPnBM-nya ditaruh 30 persen," ujar Nangoi kepada wartawan, di Jakarta.

Sedangkan saat itu lebih lanjut Nangoi mengatakan, mobil jenis MPV hanya dikenakan PPnBM 10 persen, sebaliknya dari sedan, pengguna MPV dianggap orang dengan kemampuan ekonominya menengah ke bawah, sehingga membuat pertumbuhan yang pesat.



"Yang naik mobil two boxes atau MPV sejenisnya dianggap orang menangah PPnBM-nya dikasih 10 persen, untuk itu MPV perkembangannya bagus," lanjutnya.

Meski demikian, Nangoi dan pihaknya tidak mempermasalahkan pertumbuhan pesat MPV. Yang disayangkan pertumbuhan itu memakan korban yakni mobil sedan.

"Karena (pertumbuhan) bagus nggak masalah, tapi yang lainnya sedan mati karena nggak bisa bersaing," tutupnya. (khi/lth)