Kamis, 24 Mei 2018 08:50 WIB

RI Harus Jual 300 Ribu Sedan Setahun Sebelum Produksi Sendiri

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Harus ada 300 ribu sedan dijual baru Indonesia bisa produksi sendiri. Foto: Rangga Rahadiansyah Harus ada 300 ribu sedan dijual baru Indonesia bisa produksi sendiri. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Dari berbagai jenis mobil yang ada di pasar Indonesia, mobil sedan kini punya nasib yang paling buruk. Namun tidak menutup kemungkinan sedan akan kembali tumbuh di pasar roda empat Indonesia jika penjualannya mencapai 300 ribu unit setahun.

Seperti yang disampaikan Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, angka tersebut merupakan perkiraan dari total penjualan mobil pada 2025. Saat ini total penjualan pertahunnya mencapai 1,1 juta unit, pada 2025 nanti diperkirakan bisa mencapai hingga 2 juta unit.


"Kalau dari 1,1 juta ke 2 juta kan tumbuh 900 ribu, 200 atau 300 ribu saja pencapaian sedan, sudah pantas kita punya pabrik di sini," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Selian itu, Nangoi juga mengatakan, meski dirinya mengaku ingin kembali mobil sedan beredar kembali di pasar mobil tanah air, bukan berarti jenis mobil lainnya dipinggirkan.


Karena, jika hanya konsen untuk menumbuhkan kembali pasar sedan, Indonesia juga bisa ketinggalan dari negara lain, yang trennya saat ini SUV jadi jenis mobil paling banyak dilirik.

"Nah kalau misalkan sekarang MPV saja sudah entertain, sedan kenapa tidak, SUV entertaint juga nggak apa-apa, saya bilang buka saja semuanya deh liatin marketnya ke mana," lanjut Nangoi. (khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed