Rabu, 23 Mei 2018 12:40 WIB

Mobil Listrik Juga Kuat Tarik Pesawat Besar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tesla Model X. Foto: Tesla Tesla Model X. Foto: Tesla
Melbourne - Mobil listrik memiliki keistimewaan berupa torsi yang besar untuk bisa berakselerasi cepat. Tak cuma bisa ngebut, mobil listrik juga kuat menarik beban berat.

Diberitakan CNN, mobil listrik Tesla Model X memecahkan rekor Guinness World Record saat menarik pesawat berbadan besar. Sebuah video menunjukkan SUV listrik Tesla itu mampu menarik sebuah pesawat Boeing 787-9 Dreamliner seberat 130 ton dengan jarak hampir 305 meter di Bandara Melbourne, Australia.

Pesawat itu adalah armada Qantas Airways. Pesawat tersebut juga memecahkan rekor sebagai pesawat terberat yang diderek oleh kendaraan penumpang bertenaga listrik.



Ini merupakan prestasi besar bagi Tesla Model X yang biasanya bisa menarik beban sekitar 2,5 ton. Kondisi pesawat 787 saat ditarik Tesla memiliki sejumlah kecil bahan bakar di tangki dan tidak membawa penumpang atau kargo.

Ini bukan pertama kalinya Qantas dan Tesla membuat video yang jadi viral. Pada 2016, pesawat Qantas Boeing 737-800 diadu kecepatannya dengan Tesla Model S P90D.



Saat itu, balapan antara mobil listrik Tesla dan pesawat Boeing berlangsung ketat. Mobil listrik Tesla dipacu hingga 250 km/jam dan pesawat mendekati 258 km/jam atau 140 knot sebelum lepas landas dan akhirnya memenangkan balapan.

[Gambas:Youtube]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed