Rabu, 23 Mei 2018 08:09 WIB

Indonesia Rugi Kalau Bikin Mobil Listrik Sekarang

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Deretan mobil listrik yang dipamerkan di Indonesia. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Mobil listrik, salah satu dari jenis mobil ramah lingkungan yang saat ini sedang ngetren dan menjalar ke seantero dunia. Termasuk Indonesia yang harus siap dengan datangnya tren tersebut.

Jika melihat beberapa negara maju seperti Amerika, Eropa, dan Cina yang sudah sangat siap dengan masuknya tren industri otomotif terbaru itu. Namun sepertinya Indonesia masih belum terlalu siap dengan kehadiran mobil listrik.


Bahkan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Yohannes Nangoi menyebut saat ini Indonesia akan rugi jika membuat mobil listrik terlalu dini.

"Kalau anda mau bikin mobil sekarang dengan komponennya impor nggak ada untungnya kita. Itu yang kita jaga," ujar Nangoi kepada wartawan di Jakarta.

Selain itu juga dirinya mengatakan jangan sampai Indonesia menjadi negara yang hanya merakit mobil listrik saja. Artinya tetap harus impor komponen dan hanya penggabungan komponen saja yang dikerjakan di Indonesia.

"Jangan sampai kita jadi pasar mobil listrik yang kita jahit di sini. Ada satu hal. Di China itu iPhone itu bikinan China, harga 1.100 dolar dia cuma assembly di China dia dapat fee 60 dolar. Taiwan yang supplier komponenya 300 dolar, Korea Selatan support komponen dapat 280 dolar, yang namanya Jerman dia yakin supply komponen yang didapat 400 dolar, jadi ongkos jahitnya itu cuma 60 dolar," tutur Nangoi


Meski begitu kata Nangoi bukan berarti tidak ada harapan untuk Indonesia mengikuti tren kendaraan listrik tersebut. Namun dengan modal dan beberapa hal yang masih harus dimatangkan

"Tolong dijagain industri kita yang mau saat ini lagi mau berkembang ini kita ekspor lho. Bukan tidak ada harapan, perlu ada investasi yang besar dan research dan segala macam," tambah Nangoi. (khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com