Rabu, 23 Mei 2018 03:08 WIB

Toyota, Puluhan Tahun Menjadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Logo Toyota Foto: Ari Saputra Logo Toyota Foto: Ari Saputra
Jakarta - Merek Toyota memiliki peran tersendiri dalam pasar otomotif di Indonesia. Hadir sejak tahun 1971, bendera Toyota masih berkibar di Indonesia hingga saat ini.

Hadirnya para pendatang baru pun tampaknya tidak berpengaruh banyak terhadap penjualan mobil-mobil Toyota di Tanah Air. Hal tersebut terlihat dalam data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).


Tercatat dalam data penjualan Gaikindo mulai tahun 1991, Toyota terus memimpin penjualan mobilnya di Indonesia. Saat itu Toyota membukukan penjualan sebanyak 76.140 unit dan menduduki peringkat pertama.

Di tahun-tahun berikutnya Toyota terus mendominasi penjualan mobil Tanah Air. Produsen mobil asal Jepang itu hanya satu kali tergeser dari tahtanya oleh produsen Jepang lain.

Kala itu posisi pertama penjualan mobil di Indonesia dipimpin Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Namun selisihnya hanya tipis. MMC menjual 76.254 unit sementara Toyota 72.570 unit sepanjang tahun 1996.


Tahun 1997, Toyota kembali merebut posisi pertama penjualan mobil terlaris Tanah Air.

Sampai dengan saat ini, Toyota terus berada di posisi puncak meski mendapat komentar miring soal harga jual mobil yang katanya kemahalan. Baru kemudian pabrikan lain seperti Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, dan beberapa merek lain membuntutinya.


Produk-produk Toyota pun masih laris. Sebut saja Avanza yang memberikan kontribusi cukup positif untuk Toyota sejak tahun 2003. Avanza bahkan menjadi model terlaris selama belasan tahun.

Avanza baru-baru ini saja harus rela memberikan mahkota mobil terlaris ke pendatang baru Mitsubishi Xpander. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed