Senin, 21 Mei 2018 13:35 WIB

Asal Berumur Maksimal 15 Tahun, Mobil Bekas Masih Bisa Diasuransi

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Garda Oto Foto: Garda Oto
Jakarta - Mobil bekas berusia 9 tahun masih bisa diasuransikan. Namun, beberapa dari kendaraan tersebut terkadang kondisinya cukup memprihatinkan. Lantas kondisi bagaimana ya agar mobil bekas bisa dimasukkan asuransi?

Terkait hal ini, Marketing & Communication & PR Manager Garda Oto Laurentius Iwan Pranoto mengatakan untuk mobil bekas tidak ada batasan untuk kondisinya. Hanya saja usia mobil tidak boleh melebihi 9 tahun untuk comprehensive dan 15 tahun untuk total loss only (TLO).

"Untuk kondisi mobil tidak ada syaratnya. Hanya usia tadi saja syaratnya, usia mobil 9 tahun untuk comprehensive atau 15 tahun untuk TLO (tipe asuransi yang bisa diambil-Red)," kata Iwan kepada detikOto di Jakarta.

Jadi, bagaimana pun keadaan mobil asuransi akan berikan perlindungan sesuai dengannya. Tapi sebelum dapat restu, mobil akan dilakukan survei terlebih dahulu.

"Langsung ke asuransi, nanti mobil disurvei dulu. Kalau asuransi ok, calon pelanggan ok dengan syarat dan preminya sudah deh dicover," ucap Iwan.

"Asuransi akan cover beri perlindungan atas keadaan mobil sesuai kondisi saat survey tersebut. Bukan mobilmu butut, dilakukan survei lalu claim minta ganti cat ulang. Nah seperti itu nggak bisa," tambahnya.

Iwan mencontohkan, apabila saat survei headlamp sudah pecah maka asuransi tidak akan melakukan perlindungan terhadap bagian itu. Dalam artian, tidak akan diganti.

"Kecuali saat survei body samping kanan mulus, asuransi cover. Eh besoknya mobil keserempet motor, baret 3 panel sisi kanan, klaim. Nah itu akan dibenerin asuransi sesuai kondisi awal tadi," tutup Iwan.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed