Senin, 30 Apr 2018 16:39 WIB

BMW Harap Bisa Boyong i8 Roadster Akhir Tahun Nanti

Dadan Kuswaraharja - detikOto
BMW i8 Roadster, mobil listrik atap terbuka yang pakai pintu kupu-kupu. Foto: Dadan Kuswaraharja BMW i8 Roadster, mobil listrik atap terbuka yang pakai pintu kupu-kupu. Foto: Dadan Kuswaraharja
Palma de Mallorca - BMW bulan Mei ini sudah mulai menjual mobil listrik cantik i8 Roadster ke pelanggan di Eropa, AS dan beberapa negara lainnya. Untuk Indonesia, BMW mengharapkan bisa memboyong mobil itu pada akhir tahun nanti.

Hal tersebut disampaikan Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania kepada detikOto, Senin (30/4/2018).

"Dengan infrastruktur yang ada di Indonesia, kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) menjadi paling sesuai dengan kondisi tersebut. Setelah menjadi brand yang pertama yang meluncurkan PHEV pertama di Indonesia dengan BMW i8 di 2016, kami berharap dapat kembali meluncurkan BMW i8 Roadster di akhir tahun ini," ujarnya.



BMW sudah memoles i8 coupe dan roadster menjadi lebih efisien. Performa baterainya yang ditingkatkan membuat BMW i8 bisa melaju lebih jauh tanpa harus menggunakan mesin bensin.

Sekarang jarak jelajah BMW i8 Roadster dan i8 Coupe mencapai 53 km, ada peningkatan dari i8 model lama yang hanya mencapai 33 km. Dalam mode elektrik atau e-Drive, mobil bisa melaju sampai kecepatan maksimum 120 km per jam dengan mengeluarkan suara desingan saja khas mobil listrik. Sementara jika dibantu mesin bensin 1.500 cc nya mobil bisa melaju sampai 250 km per jam.

Untuk efisiensi motor listrik, mobil membutuhkan 14,5 kWh listrik per 100 km, sementara mesin bensin 3 silindernya membukukan angka konsumsi BBM 47 km per liter atau 2,1 liter per 100 km.

"BMW i8 Roadster merupakan bukti kepemimpinan kami dalam hal desain, teknologi, dan electric drivetrain terbaru yang memberikan JOY bahkan ketika dalam moda berkendara full elektrik atau maximum e-drie," ujar Jodie.

Setelah berhasil menjual kendaraan elektrik, baik itu sebagian (Plug in Hybrid Vehicle/PHEV) ataupun seluruhnya (Electric Vehicle/EV), hingga 100,000 unit di tahun 2017, BMW Group terus mengembangkan model dan varian dari kendaraan di sub-brand BMW i.



Beberapa waktu lalu di arena Indonesia International Motor Show, BMW menghadirkan purwa-rupa garasi cerdas untuk kendaraan BMW i.

Garasi ini mensimulasikan tempat parkir kendaraan listrik dengan sarana pengisian ulang baterai menggunakan panel surya yang ditempatkan di bagian atap.

"Hadirnya BMW i8 dan ekosistem pendukung lengkap dengan panel surya yang dapat menyuplai listrik secara independen di Festival Kendaraan Listrik pada IIMS 2018 ini memperlihatkan komitmen BMW Indonesia untuk terus mendukung kesiapan kendaraan listrik di Indonesia," ujar Jodie. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com