Rabu, 25 Apr 2018 07:37 WIB

Ini Alasan Wuling Ngotot Kenalkan Cortez 1.500 cc

M Luthfi Andika - detikOto
Wuling Kembali Kenalkan Cortez 1.5 di IIMS 2018. Foto: Rengga Sancaya Wuling Kembali Kenalkan Cortez 1.5 di IIMS 2018. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Hanya dalam waktu sesaat, produsen mobil asal China, Wuling, kembali menggoda pencinta Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia dengan memperkenalkan Cortez bermesin 1.500 cc. Jelas ini membuat pencinta otomotif Indonesia kaget, karena belum lama Wuling sudah memperkenalkan Cortez 1.800 cc.

Tapi apa sih alasan Wuling ngotot untuk memperkenalkan Cortez 1.5 liter? Sales Director Wuling Motors, Nathan Sun pun menjelaskan, langkah Wuling memperkenalkan Cortez 1.5 liter tidak lain untuk melengkapi line up MPV mereka di Indonesia.



"Karena model MPV yang lebih kemakan (diterima di pasar Indonesia-Red). Sehingga kami memiliki pilihan MPV Confero di segmen low dan Cortez 1.8 di middle MPV, dan kita ingin mengisi di bagian tengah-tengahnya," ujar Nathan.

Nanthan pun memastikan lahirnya Wuling Cortez 1.5 liter, bisa memperlengkap pilihan Wuling di Indonesia.

"Sehingga pilihan bisa lengkap, jadi bisa menjadi pilihan baru," ujar Nanthan.

Sebelumnya Wuling memastikan meski kapasitas mesin Cortez dan Confero sama-sama mengusung mesin 1.5 liter, kedua mesin ini dijamin berbeda.

Seperti yang disampaikan Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia, Arief Ramadhi, mengatakan memang mesin 1.500 cc untuk kedua mobil Wuling itu menggunakan teknologi yang sama. Tapi, ada beberapa penyesuaian di mesin Cortez 1.5.

"Makanya horsepower-nya beda. Mirip tapi beda. Seri mesinnya sama, tapi horsepower beda," kata Arief di arena IIMS 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.



Arief menganggap mesin Cortez 1.5 dan Confero saudaraan. Karena kedua mesinnya punya seri yang sama, juga teknologi yang mirip.

"Tapi kalau dari bentuk mesin (Cortez 1.5) kita mengikuti bentuk mesin si Cortez (1.8L)," kata Arief.

"Ini bukan 1.5 turbo tapi turbo dihilangin, beda. (Mesin) dibikin ulang lagi. Teknologi sama, tapi mesin yang berbeda. Jadi didesain untuk Cortez," sambungnya.

Mesin 1.500 milik Cortez memiliki tenaga maksimal hingga 110 daya kuda pada 5.800 rpm. Torsi maksimal mesin itu mencapai 142 Nm pada 3.800-4.400 rpm. Hanya, Wuling Cortez 1.5 hanya tersedia dengan transmisi manual 6 percepatan. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed