MPV Kebanyakan Dibeli Masyarakat dengan Gaji Tidak Tetap

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Jumat, 13 Apr 2018 17:52 WIB
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Ada berbagai hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan mobil di pasar domestik. Salah satunya adalah pertumbuhan masyarakat yang mempunyai gaji tetap, atau yang disebut masyarakat formal.

Disampaikan Wakil Kepala Bidang Penelitian Lembaga Penelitian Ekonomi Manajemen Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Kiki Verico, saat ini MPV menjadi mobil yang paling laris di pasar, dan kebanyakan yang membelinya adalah masyarakat dengan gaji tidak tetap atau informal.



Di mana mobil tersebut diambil secara kredit untuk digunakannya sebagai transportasi online yang menawarkan berbagai kemudahan sehingga masyarakat tidak lagi merasa perlu memiliki kendaraan lebih.

"Jadi di Indonesia itu yang dibutuhkan untuk car domestic kalau menurut saya bagaimana menumbuhkan formal sektor ini, orang yang bekerja dapat gaji bulanan," ujar Kiki kepada wartawan, di Jakarta.

Untuk menumbuhkan masyarakat formal tersebut kata Kiki, dibutuhkan pertumbuhan dari industri itu sendiri. Sebab dari industri-lah adanya masyarakat formal.



"Untuk menumbuhkannya balik lagi sebetulnya kalau dari study saya dibutuhkan pertumbuhan industri juga, padahal permintaan industri membutuhkan sektor formal, kan yang formal itu kan dari industri kan yang punya gaji tetap," katanya.

"Kalau misalnya bukan dari indsutri dari jasa tetap, kaya dosen atau apa, kalau jasanya bukan jasa tetap misalkan kaya transportasi online itu dia tergantung pendapatannya frugtuatif," tambah Kiki. (khi/ddn)