Selasa, 03 Apr 2018 13:25 WIB

Sambut Pajak Sedan Turun Jadi Alasan Toyota Rilis Vios Baru

Dina Rayanti - detikOto
Sambut Pajak Sedan Turun Jadi Alasan Toyota Rilis Vios Baru Foto: dok. Toyota Sambut Pajak Sedan Turun Jadi Alasan Toyota Rilis Vios Baru Foto: dok. Toyota
Jakarta - Toyota baru saja meluncurkan Vios terbaru dengan tampilan yang lebih segar. Toyota beralasan kehadiran Vios baru ini bisa merangsang kembali pasar sedan di Tanah Air yang peminatnya cenderung menurun dari tahun ke tahun.



"Peluncuran New Vios ini merupakan bentuk nyata dukungan Toyota terhadap keinginan pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian, untuk meramaikan pasar sedan di Indonesia, sekaligus meningkatkan pasar ekspor sedan kita," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto dalam keterangannya yang diterima detikOto, Selasa (3/4/2018).

Vios terbaru juga sengaja dihadirkan Toyota untuk menyambut rencana penurunan pajak barang mewah yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah. Namun hingga saat ini aturan itu belum lagi terdengar kabarnya.



"Pemerintah telah mencanangkan untuk menurunkan pajak barang mewah sedan. Hal ini tentu saja disambut positif oleh pelaku industri otomotif di Tanah Air," jelas Soerjo.

Saat ini tarif PPnBM untuk mobil sedan sebesar 30%, sedangkan untuk kendaraan penumpang jenis lain dikenakan PPnBM 10% hingga 20%. Tingginya pajak sedan membuat orang Indonesia menjauhi mobil sedan dan produksi dalam negeri pun menjadi tidak berkembang. Padahal mobil sedan merupakan mobil yang diminati di luar negeri.



Diperaturan sedan terbaru itu juga akan dibahas terkait mobil listrik. Artinya, langkah ini dilakukan untuk melihat berbagai potensi di masa mendatang.



"Juga dalam pengembangan mobil listrik, akan menjadi tren ke depan tidak hanya alat transportasi tapi juga address isu perubahan iklim. Sistem pajaknya nanti kita lihat, PPnBM salah satu faktornya, tapi faktor lainnya adalah seperti apa developmentnya kita lihat bagaimana dari Kemenperin," tutur Sri Mulyani beberapa waktu lalu. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed