Selasa, 03 Apr 2018 11:50 WIB

Toyota Punya Vios Baru, Ini Perubahannya

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Punya Vios Baru, Ini Perubahannya Foto: dok. Toyota
Jakarta - Masuk bulan keempat tahun 2018, Toyota kembali meluncurkan mobil baru. Tapi tak sepenuhnya baru, melainkan hanya melakukan penyegaran pada model sedan Vios. Vios terbaru ini kata Toyota mengalami ubahan mulai dari desain hingga faktor keamananya.



"Sejalan dengan komitmen continuous improvement, Toyota selalu berupaya meningkatkan kepuasaan pelanggan baik melalui penyegaran produk maupun peningkatan kualitas layanan. Kehadiran New Vios merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di segmen entry sedan. New Vios hadir dengan Advance dan Emotional desain serta Top Class Safety terlengkap yang tersedia pada seluruh grade New Vios," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam siaran persnya, Selasa (3/4/2018).



Ubahan tersebut antara lain desain yang dibuat dengan mengusung konsep Advance dan Emotional. Grille depan dibuat lebih elegan dengan garis horizontal dengan ukuran yang semakin besar ke bagian atasnya. Desain lampu tampak lebih tajam dan juga sporty.

"Lebih kedap suara, merupakan ciri khas sedan. Jadi bukan hanya kenuamanan tapi juga fun to drive saat mengendarainya. Fungsi keamanan meningkat menjadi NCAP 5," tambah Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Toyota Punya Vios Baru, Ini PerubahannyaToyota Punya Vios Baru, Ini Perubahannya Foto: dok. Toyota


Kombinasi lampu belakang Vios juga sudah menggunakan LED dan memiliki desain yang selaras dengan desain body secara keseluruhan. Ukurannya juga lebih besar dan melebar sehingga menambah kesan lebih modern dan sporty pada kendaraan.



Dengan mengusung tema Elegant and Comfort, interior New Vios yang didominasi warna beige memberikan aura yang lebih mewah. Didukung oleh spesifikasi Audio Infotainment System yang lebih advance, interior mobil ini terasa lebih tinggi dibandingkan kelasnya. Interior New Vios tipe G didukung oleh sistem infotainment yang terdiri dari speaker 7 inchi HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, HDMI, Bluetooth (audio dan phone), iPod Read dan Miracast. Selain itu, sistem infotainment dilengkapi juga dengan internet connectivity tercanggih di kelasnya seperti Weblink, Multitasking Window dan Remote Apps melalui Smartphone.

Interior kabin New Vios semakin kelihatan mewah dengan teknologi high-tech illumination optitron pada combination meter dan khusus untuk tipe G dilengkapi dengan high-quality ignition-activated welcome pada meter display. Sama seperti peningkatan pada New Yaris, desain dan struktur kursi New Vios juga mengalami peningkatan, baik kursi depan maupun belakang untuk lebih memberikan kenyamanan meskipun dalam perjalanan jarak jauh.

Posisi head rest dirancang agak lebih ke belakang dan sandaran dibuat lebih tegak dengan memperbesar sudut torso melalui penambahan material pada sandaran agar kursi bisa menyerap secara penuh tubuh pengendara dan penumpang. Perubahan juga dilakukan pada struktur kursi bagian bawah paha penumpang untuk memberikan posisi lebih baik dan nyaman.

Dari sisi performance, pengaturan baru engine 2NR-FE dengan teknologi dual VVT-i dengan kapasitas 1.500 cc yang memiliki power maksimum 107 ps dan torsi 14,3 kgm, terasa jauh lebih bertenaga dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah, termasuk saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Akselerasi mobil ini juga lebih baik dibandingkan model sebelumnya. Pengaturan baru pada engine New Vios membuat kendaraan ini semakin ideal untuk digunakan sebagai kendaraan di kawasan perkotaan. Selain itu, New Vios juga telah mengadopsi fitur Eco/Sport drive mode dan Paddle shift.

Untuk safety, New Vios tampil lebih lengkap dengan penambahan sejumlah fitur. Kini fitur mobil ini kian lengkap dengan peningkatan jumlah airbag menjadi 7, yaitu SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), and SRS Knee Airbags. Disamping itu, mobil ini mendapat tambahan fitur baru lainnya, yaitu Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Mobil ini juga dilengkapi dengan 3 point seatbelt pada semua kursi penumpang. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com