Minggu, 01 Apr 2018 17:43 WIB

Sekali Ngecas, Mobil Listrik Hyundai Bisa Tempuh Jakarta-Batang

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil listrik Hyundai yang bisa tempuh Jakarta-Jawa Tengah dalam satu kali pengisian baterai. Foto: Motor1 Mobil listrik Hyundai yang bisa tempuh Jakarta-Jawa Tengah dalam satu kali pengisian baterai. Foto: Motor1
New York - Produsen asal Korea Selatan Hyundai juga tidak mau ketinggalan dan menyatakan ikut dalam persaingan mobil listrik. Kini untuk pertama kalinya, di ajang New York Auto Show Hyundai memperkenalkan mobil listrik mereka Kona EV.

Diberitakan Motor1, Minggu (1/4/2018), Hyundai mengatakan mobil listrik Kona akan mampu berlari hingga 250 mil atau setara 402 km dalam sekali pengisian baterai. Dan jika dilihat dari google map, 402 km ini sama dengan jarak Jakarta hingga Batang Jawa Tengah. Wow, cukup jauh bukan?


Jarak fantastis ini mengalahkan mobil listrik milik GM yakni Chevrolet Bolt EV yang mencapai 238 mil atau Tesla Model 3 yang mampu tembus 220 mil. Ketangguhan Hyundai Kona EV ini tidak lepas dari peran baterai 64 kWh lithium Ion, yang digendong Hyundai Kona EV.

Meski belum dipasarkan diseluruh dunia, mobil listrik Hyundai ini diperkirakan akan dijual dengan dengan banderol mulai Rp USD 19.500 atau setara dengan Rp 268 jutaan.

Hyundai Kona ini masih tersedia untuk pasar Amerika Serikat mulai kuartal keempat tahun 2018 dan untuk pertama kali mendarat di negara bagian California.


California dipilih karena dianggap sebagai salah satu negara bagian yang cukup konsen terhadap perkembangan mobil listrik.

"Kona bertenaga listrik ini memiliki desain yang stylish namun juga tetap efisien. Mobil ini memang sengaja didesain untuk mereka yang fokus terhadap mobil ramah lingkungan," ungkap Vice President of Product, Corporate, dan Digital Planning Hyundai Motor America Mike O'Brien.

"Kami cukup percaya diri dengan Kona dan mobil ini akan menjadi patokan standar terbaru bagi produsen mobil yang ingin memproduksi mobil listrik. Ditambah lagi dengan fitur-fiturnya," lanjut Mike.

Kona bertenaga listrik in merupakan terobosan baru dari produsen mobil asal Negeri Ginseng itu. Sebelumnya Hyundai juga pernah mengenalkan Kona bermesin bahan bakar konvensional yang siap menantang Honda HR-V.


Kala itu Hyundai mengklaim, Kona merupakan salah satu SUV terlengkap, bukan hanya desainnya saja namun juga teknologi yang digunakan merupakan teknologi mutakhir. Mobil ini bisa melambangkan siapa pemiliknya.

Bagian depannya terlihat lebih ekspresif dan bertenaga serta mengadopsi identitas baru Hyundai, gril yang lebih mengalir. Lampu depan kembar menambah tampilan visual ditambah dengan lampu LED DRL yang berada di atas lampu depan. Garis depan dan belakang yang tegas menambah kesan mobil yang lebih lega dan juga luas.

Bagian interior juga dibuat lebih lembut sehingga lebih terkesan sensual dan lembut sementara bagian yang berwarna gelap mencerminkan mobil memiliki karakter garang dan mengusung teknologi mutakhir. Pilihan warna juga bisa disesuaikan dengan warna jahitan pada jok dan juga kemudi setir.

Ada dua mesin yang ditawarakan Hyundai untuk disematkan pada Kona yakni 1.0 L T-GDI dengan transmisi manual 6 percepatan yang bisa menghasilkan 120 PS dan juga 1.6 L T-GDI dengan 177 PS dan Hyundai dikawinkan dengan transmisi yang dikembangkan sendiri oleh Hyundai yakni dual clutch 7 percepatan dan four-wheel drive.

(lth/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed