Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 17 Maret 2018, 14:00 WIB

Sopir Elf Ngebut di Turunan Emen, Sulit untuk Kendalikan Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sopir Elf Ngebut di Turunan Emen, Sulit untuk Kendalikan Mobil Minibus Travel Kecelakaan di Tanjakan Emen. Foto: Dian Firmansyah
Jakarta - Kecelakaan tunggal mobil travel di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat beberapa waktu lalu diduga karena kelalaian sopir. Sopir tembak pengendara minibus tersebut dikatakan melaju dalam kecepatan tinggi.

Kapolres Subang AKBP M Joni mengatakan sopir tersebut membawa kendaraan dengan kecepatan 70 km/jam. Kecepatan yang sangat tinggi untuk jalanan menurun seperti Tanjakan Emen.



"Mungkin sudah ada rambu peringatan batas kecepatan di sana dan rambu petunjuk medan jalan (turunan)," kata Instruktur Safety Driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, kepada detikOto.

Untuk itu, Andry menegaskan setiap pengemudi harus sadar dengan setiap rambu yang dipasang di jalan. Rambu itu bukanlah hiasan, tapi sebagai media mengingatkan pengemudi.

"Kalau 70 km/jam dan menurun, itu sudah sangat cepat kecepatannya. Susah mengendalikan kendaraan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Andry.



Lanjut Andry, kendaraan punya gaya dorong yang besar. Semakin tinggi kecepatan, daya dorong akan semakin besar.

"Apalagi kondisi menurun, bisa berlipat itu daya dorongnya," sebut Andry.

Sebelumnya, AKBP M Joni menduga, saat mengendarai mobil minibus tersebut, sopir hilang kendali saat belok. Sopir sempat memindahkan ke gigi dua, namun upaya itu tiba-tiba sulit dilakukan. Menurutnya, ketika ingin pindah dari gigi tiga ke gigi dua sopir kesusahan. Dia panik sehingga saat bersamaan mengerem dengan menggunakan rem tangan. Akibatnya mobil oleng dan jungkir balik.



Menanggapi pernyataan Joni, Andry menyebut karena panik melakukan perpindahan gigi, yang harusnya normal bisa jadi bumerang. "Karena tidak pas dengan momentum menarik tuas rem tangan misalnya," kata Andry. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed