Senin, 05 Mar 2018 13:39 WIB

Orang Amerika Tak Percaya Masih Ada Limousine Bekas Bung Karno di RI

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Orang Amerika Tak Percaya Masih Ada Limousine Bekas Bung Karno di RI Foto: Rangga Rahadiansyah Orang Amerika Tak Percaya Masih Ada Limousine Bekas Bung Karno di RI Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Mobil kuno bekas peninggalan Presiden Indonesia pertama, Sukarno, masih ada di Indonesia. Salah satunya adalah Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine yang menjadi mobil dinas terakhir Sukarno.



Keadaan mobil asal Amerika ini masih mulus dan terawat. Kini, mobil itu dirawat oleh Jimmy Syamsudin yang memiliki garasi mobil-mobil kuno di Bintaro, Tangerang Selatan. Jimmy punya cerita unik selama mengoleksi mobil kuno nan langka ini. Bahkan, kata dia, orang Amerika Serikat, pun tak percaya masih ada mobil ini di Indonesia.

"Saya pesan sparepart ke Amerika. Waktu saya pesan via email, saya sebutin mobil ini saya diketawain. Katanya nggak mungkin ada mobil itu di Indonesia. Dia nggak percaya," cerita Jimmy kepada detikOto.



Akhirnya, Jimmy pun menyertakan foto-foto mobil dinas terakhir Bung Karno ini sebagai bukti bahwa dia yang mengoleksinya. Sejak dikirimkan foto-foto itu, orang Amerika yang menyediakan suku cadang mobil ini pun mulai percaya.

"Saya bilang ini mobil Presiden Indonesia pertama. Dia baru percaya. Semenjak itu baru dia bantu saya. Saya perlu apa dibantuin. Terutama saya pesan sparepart Cadillac. Tambah bingung juga dia, rupanya di Indonesia ada mobil-mobil itu," kata Jimmy.



Memang, mobil Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine ini terbilang langka. Di Indonesia pun sangat jarang keberadaannya.

"Ini mobil memang khusus dibikin untuk kepala negara," ucap Jimmy. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com