Minggu, 04 Mar 2018 19:02 WIB

Mobil Listriknya Mogok Kena Banjir, Bule Ini Terdampar di Surabaya

Hilda Meirisa Rinanda - detikOto
Foto: Screenshot Instagram plugintravel Foto: Screenshot Instagram plugintravel
Surabaya - Mimpi Wiebe Wakker, warga negara Belanda untuk berkeliling dunia menggunakan mobil listriknya sedikit terhambat. Pasalnya, Wiebe kini sedang terdampar di Surabaya sembari menunggu mobilnya usai direparasi akibat mogok saat melewati Jalan Raya Porong, Sidoarjo.

Wiebe dengan mobil listriknya yang berwarna biru ini telah berkeliling ke 31 dari 33 negara yang ingin dikunjunginya. Namun kini, mobil justru mengalami kerusakan dan harus diperbaiki di bengkel VW, Surabaya menghambatnya untuk melanjutkan perjalanan.

Foto: Screenshot Instagram plugintravel

"Saat ini masih diperbaiki di Bengkel VW, Surabaya," ujar Wiebe saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Minggu (4/3/2018).

Kendati demikian, Wiebe yang mengkampanyekan "plugmein" yakni berkeliling dunia tanpa membawa uang sepeser pun, akhirnya harus mencari cara untuk mendapatkan uang. Dia mengaku membutuhkan uang sebanyak 5000 Euro untuk memanggil mekanik dari Belanda.

Foto: Screenshot Instagram plugintravel

Untuk itu, di laman instagramnya, Wiebe sempat membuat penggalangan dana dengan menawarkan beberapa opsi dan jasa darinya.



Misalnya ketika donatur memberi sumbangan 75 Euro, Wiebe akan menjadi sopir dari donatur selama sehari. Wiebe juga menyediakan penawaran untuk donatur sebanyak 1000 Euro, nanti ia akan memasang logo perusahaan donatur di mobil listriknya.



Selama perjalanan, Wiebe mengaku sering mengunjungi rumah penduduk untuk mengecas mobilnya. Kebanyakan penduduk akan mengajaknya makan bersama dan mempersilakannya bermalam di rumah. Hal ini yang membuat Wiebe tak mengeluarkan sepeser pun untuk aksinya keliling dunia.

Aksi Wiebe ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat jika penggunaan mobil listrik lebih ramah lingkungan dan murah. Karena bisa menggunakan solar sel dan tidak menggunakan energi alam.


(dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed