Senin, 19 Feb 2018 19:30 WIB

Ini Syarat Suzuki Agar Ignis Bisa Diproduksi di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Ini Syarat Suzuki Agar Ignis Bisa Diproduksi di IndonesiaFoto: Suzuki Ini Syarat Suzuki Agar Ignis Bisa Diproduksi di IndonesiaFoto: Suzuki
Cikarang - Sepanjang tahun 2017 kemarin, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat Suzuki Ignis telah terjual sebanyak 14.157 unit. Angka ini menjadikan Ignis sebagai salah satu produk Suzuki terlaris pada 2017. Namun perolehan tersebut tak membuat pihak SIS mulai memproduksinya di dalam negeri.

Ryohei Uchiki, General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor memaparkan, untuk dapat melokalisasi satu produk ada beberapa hal yang harus terpenuhi. Salah satunya ialah mampu menjual 1.000 unit setiap bulannya secara stabil.

"Ekonomi Indonesia tiap tahun naik. Ada banyak konsumen meminta jenis mobil yang baru dan berbeda dengan MPV (mobil untuk keluarga), salah satunya city car. Jadi Ignis penjualannya cukup baik. Itu top 3 di Suzuki pada 2017," katanya kepada wartawan di Cikarang, Jawa Barat, Senin (19/2/2018).

"Tetapi segmennya tidak besar, jadi kalau kita investasi besar untuk produksi Ignis di Indonesia ada beberapa risiko. Oleh karenanya kita tetap putuskan impor Ignis dari India (sampai saat ini) meskipun penjualan Ignis sangat bagus," tambah Uchiki.

Berdasarkan data Gaikindo (wholesales), 1.922 unit Suzuki Ignis sudah dikirim ke garasi warga Indonesia. Menanggapi hal itu, Uchiki mengaku masih belum ada informasi lanjutan dari pihak prinsipal di Jepang. Namun bila perolehannya stabil, lokalisasi Suzuki Ignis bisa terjadi.

"Kalau tidak harus tambah fasilitas baru, harus menyiapkan part baru dan itu agak susah. Dan jika ingin produksi lokal, salah satu syaratnya setiap bulan 1.000 unit (penjualan-Red) bisa atau tidak. Untuk produksi model baru itu butuh dua atau tiga tahun, tidak bisa segera. Ini sedang proses agar bisa produksi Ignis sendiri, kami serius untuk pikir posibilitasnya," tutup Uchiki. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed