Selasa, 13 Feb 2018 17:41 WIB

Beda dengan Indonesia, Orang Malaysia Pilih Mobil Pakai Logika

Dina Rayanti - detikOto
Beda dengan Indonesia, Orang Malaysia Pilih Mobil Pakai Logika Foto: Dina Rayanti Beda dengan Indonesia, Orang Malaysia Pilih Mobil Pakai Logika Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Berbagai jenis mobil ditawarkan di Indonesia. Mulai dari yang berukuran kecil seperti model-model city car, sedang seperti MPV, hingga SUV bongsor.

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir mobil yang cukup mendominasi di Tanah Air adalah jenis MPV. Dari tahun ke tahun jumlahnya juga terus meningkat.

Bisa mengangkut jumlah penumpang yang banyak dan juga digunakan untuk banyak keperluan, menjadi pertimbangan orang Indonesia saat hendak membeli mobil. Karena itulah mobil MPV lebih laris.

Hal ini membuat mobil-mobil di segmen lain terpinggirkan. Meski masih ada peminatnya, namun jumlahnya kalauh jauh dengan peminat mobil MPV.

Ini berbeda dengan di Malaysia. Orang di Malaysia lebih menyukai mobil yang efisien. Maksudnya, jika mobil hanya digunakan untuk keluarga kecil atau dikendari sendiri, tak perlu membeli mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak.

"Di Malaysia sudah berubah dengan bertumbuhnya masyarakat yang berpendidikan tinggi dan pakai logika. Kalau sehari-hari pergi pakai mobil hanya sendiri atau berdua, buat apa kita beli mobil 7 seat, sehingga di malaysia city car dominan," kata Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di Gandaria City Mall, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

"Indonesia belum masih MPV. Indonesia mobil yang laku masih MPV. Kalau Indonesia berubah city car menjadi pilihan dan bertumbuh tentu saja kami akan mempertimbangkan bagaimana memfasilitasi pengganti," tutur Amel.

Dari tahun ke tahun jumlah penjualannya juga bertambah. Melirik data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan MPV terus meningkat.

LMPV misalnya jika pada tahun 2016 terjual sebanyak 249.927 unit, jumlahnya naik pada tahun 2017 menjadi sebanyak 253.808 unit. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Blak-blakan
×
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas Selengkapnya