Rabu, 07 Feb 2018 10:35 WIB

Laporan dari Singapura

Buat SPLU Tandingan, Pertamina Takkan Bentrok dengan PLN

Dina Rayanti - detikOto
SPLU milik PLN (Foto: Grandyos Zafna) SPLU milik PLN (Foto: Grandyos Zafna)
Singapura - Perusahaan penyedia listrik nantinya tak hanya PLN saja melainkan diikuti oleh sesama perusahaan BUMN yakni Pertamina. Pertamina bisa dibilang memulai bisnis baru dengan menyediakan tenaga listrik dalam rangka menyambut kendaraan listrik beberapa tahun ke depan.

Meski begitu, bisnis barunya tersebut diklaim Pertamina tak akan bentrok dengan PLN.

"Saya kira tidak (bentrok), PLN penyedia listrik negara dan PLN juga menyediakan listrik buat masyarakat," ungkap Senior Vice President Research and Technology Center Pertamina Herutama Trikoranto saat ditemui di Singapura, di sela-sela pertemuan Nissan Futures.

"Pertamina kan BUMN ini juga bisa kontribusi untuk memenuhi kebutuhan energi buat masyarakat salah satunya mengembangkan EBT (Energi Baru Terbarukan)," sambung Heru.

Dengan menyediakan tenaga listrik nantinya masyarakat tak perlu repot-repot mencari Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) karena Pertamina bakal menaruh SPLU di SPBU miliknya.

"Kalau di negara lain itu salah satu layanan yang diberikan masyarakat adalah membangun charging stasiun di pompa bensin nah itu sudah dilakukan di negara ASEAN lain. Thailand kalau nggak salah udah nah kenapa tidak untuk Indonesia gitu kan. Kita punya cukup banyak SPBU, beberapa di antaranya saya pikir layanan pengisian charging stasiun untuk masa depan," kata Heru.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed