Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 25 Januari 2018, 19:10 WIB

Sopir Mobil Bermuka Dua Harus Kompak Nyetirnya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Sopir Mobil Bermuka Dua Harus Kompak Nyetirnya Sopir Bermuka Dua Harus Kompak Nyetirnya Foto: Abdul Haris Utiarahman
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]




Mobil bermuka dua memiliki dua setir, dua mesin dan dua transmisi. Mobil pun bisa dikendarai oleh dua orang. Syaratnya kedua sopir harus kompak. Kebayang kan, kalau tidak kompak, yang satu ngegas, yang lainnya juga ngegas, dengan arah roda yang berlawanan bisa kebelah bodi mobil.

"Yang nyetir harus kompak kalau belok. Kalau di jalan raya nggak mungkin lah pakai 2 sopir, 1 doang. Kalau main-main sama anak-anak di bengkel kadang sopirnya dua," ujar Roni Gunawan, pemilik mobil bermuka dua saat ditemui detikOto di bengkel taksi GR, Jalan Babakan Cibeureum, Bandung.

Roni mengatakan jika salah satu kunci dicabut dari mobil dan mesinnya dimatikan, maka roda di satu kepala mobil akan terkunci dengan otomatis. Sehingga mobil akan menggunakan satu mesin dan satu setir saja seperti mobil biasa.

"Kan di-lock, remote control dicabut sudah setir lurus, nggak perlu ada orang lagi. Kalau nggak di-lock, mobil bisa melaju dengan liar ke sana kemari," ujar Roni.

"Jadi bisa bebas (mau dua orang atau 1 orang yang nyetir), seperti mobil biasa aja, kita setir satu pun bisa," ujarnya

Soal eksterior mobil terlihat keren dengan warna keemasan. Namun Roni secara jujur mengakui kurang sreg dengan warna akhirnya. "Kurang muda, terlalu tua, ini jadinya seperti orange, padahal kan maunya emas. Di STNK saja tulisnya gold, ada dua STNK," ujarnya. (ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed