Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 19 Januari 2018, 16:31 WIB

Mobil Listrik BMW Belum Memungkinkan Diproduksi di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Listrik BMW Belum Memungkinkan Diproduksi di Indonesia Mobil Listrik BMW Belum Memungkinkan Diproduksi di Indonesia Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mobil listrik yang berkeliaran di Tanah Air jumlahnya masih bisa dihitung jari. Itu karena harganya yang mahal dan belum ada pabrikan mobil yang menawarkan mobil listriknya di Indonesia. Paling-paling mereka yang berkantong tebal memilikinya dan membelinya dari importir.

Produsen mobil Jerman BMW misalnya, meskipun cukup agresif mengkampanyekan mobil ramah lingkungan seperti listrik dan hybrid hingga saat ini belum juga menjual mobil listriknya disini. Jualan saja belum, apalagi soal produksi dilakukan secara lokal. Tapi apa alasan BMW belum juga memproduksi mobil ramah lingkungannya di Indonesia ya?

[Gambas:Video 20detik]


Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'Tania menyampaikan mobil-mobil listrik BMW masih diproduksi di negara asalnya Jerman.

"Sampai saat ini BMW i, kita bicara pure electric, semua produksi kendaraan itu belum bisa dilakukan di luar daerah semua dilakukan di Jerman, Leipzig nama pabriknya," ungkap Jodie.

"Kenapa karena untuk BMW i, terutama untuk i3 dan i8 proses produksinya dari awal sampai akhir itu sudah dengan prinsip sustainability jadi tenaganya sudah menggunakan tenaga angin, tenaga air, kemudian desain bodi carbon fiber infloss plastic. Jadi untuk proses produksi sudah sangat berteknologi tinggi, jadi nggak ada negara lain yang produksi i3 dan i8 karena masih dilakukan di Jerman," sambungnya lagi.

Ini berbeda dengan model hybrid yang bisa diproduksi secara lokal.

"Tapi strategi BMW ada BMW i performance yang diproduksi di pabrik-pabrik lain di luar Jerman, seperti di Thailand, Malaysia mereka juga sudah mulai merakit plug-in hybrid," jelasnya.

"Kalau bicara plug-in hybrid, itu sangat memungkinkan diporduksi di Indonesia. Tapi kita sekali lagi selalu bekerja sama dengan stake holder, kemenperin bahkan juga berkolaborasi dengan PLN, komunitas, jadi kita melakukan step by step harapannya bisa mengeluarkan regulasi kendaraan hybrid atau listrik di Indonesia," pungkas Jodie (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed