Selasa, 02 Jan 2018 13:41 WIB

Biar Bisa Bersaing dengan Mobil Jepang, Berapa Harga Jual Esemka?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: AM Hendropriyono seusai acara konsolidasi internal Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (Foto:  Ristu Hanafi/detikcom) Foto: AM Hendropriyono seusai acara konsolidasi internal Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Wacana akan memproduksi mobil nasional Esemka kembali mencuat. Rencananya Esemka bakalan memasuki jalur produksi tahun ini. Meski begitu belum ada bocoran lebih lanjut soal harga dan juga spesifikasi lengkap.

Yang jelas, Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengungkapkan Esemka akan diproduksi sendiri tanpa campur tangan pemerintah apalagi asing.

"Modal sendiri, kerja sendiri, mesinnya bikinan sendiri, apalagi karoseri. Tidak ada fasilitas dari negara," ungkap Hendropriyono saat ditanya wartawan seusai acara konsolidasi internal Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) DIY, di Sleman, Sabtu (30/12/2017).

Esemka sendiri pada Oktober 2012 sudah lulus uji register dan telah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor Nomor SK 389/AJ.402/DRJD/2012. Namun setelah lima tahun berselang baru kabar Esemka akan diproduksi kembali menyeruak.

Perjalanan Esemka juga sepertinya masih panjang nih Otolovers. Esemka harus bisa bersaing dengan para pabrikan Jepang hingga Eropa yang sudah terlebih menjual mobilnya di Indonesia. Ditambah hadirnya produsen China Wuling dan Sokon yang juga baru ikut meramaikan pasar Indonesia pertengahan tahun lalu.

Belum lagi soal harga. Esemka harus dibuat sedemikian rupa agar kualitasnya tetap baik dan bisa dijual dengan harga murah. Seperti mobil-mobil buatan China yang berani menjual mobilnya di bawah harga rata-rata mobil Jepang.

Tak cuma harga, fitur-fitur yang tersemat di mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan orang Indonesia. Jangan sampai harganya murah namun fiturnya tak sesuai dengan keinginan masyarakat, pastinya itu membuat orang berpikir dua kali untuk membeli Esemka.

Kalau menurut Otolovers bagaimana, berapa harga jual yang cocok untuk Esemka agar bisa bersaing dengan mobil-mobil Jepang dan China?

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed