Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 21 November 2017, 07:16 WIB

Dalam 10 Tahun Pintu Mobil Dibuka-tutup 45 Ribu Kali

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Dalam 10 Tahun Pintu Mobil Dibuka-tutup 45 Ribu Kali Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Otolovers sebagai pemilik atau pengguna mobil sudah biasa membuka dan menutup pintu mobil. Tapi, sudah tahu berapa kali rata-rata pintu mobill dibuka-tutup selama 10 tahun?

Nissan mengungkapkannya. Menurut pabrikan asal Jepang itu, selama 10 tahun pintu mobil dibuka-tutup sebanyak 45.000 kali.

Untuk itu, daya tahan pintu tersebut harus kuat. Jangan sampai seiring bertambah umur pintu mobil bermasalah sehingga membahayakan pengguna mobil.

Untuk membuktikan kekuatan dan durabilitas pintu mobil, Nissan punya robot andalannya. Namanya Mrs. Doorboto yang ada di Nissan Technical Center North America (NTCNA) di Michigan. Robot yang juga dikenal dengan nama Rosie itu bertugas membuka dan menutup pintu mobil untuk menguji durabilitasnya.

Robot seberat 1,5 ton itu bisa membuka dan menutup pintu mobil setiap enam detik atau sekitar 14.000 kali sehari. Hanya dalam tiga hari tanpa istirahat, Rosie bisa membuka dan menutup pintu mobil sebanyak 45.000 kali atau setara 10 tahun umur mobil. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +