Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 20 November 2017, 11:38 WIB

Mobil Masa Depan Bisa Deteksi Penyakit Jantung dan Diabetes

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Masa Depan Bisa Deteksi Penyakit Jantung dan Diabetes Foto: Ari Saputra
Washington - Pabrikan mobil semakin hari semakin mengembangkan teknologi keamanan pada setiap mobil produksinya. Kembali ke tahun 1998 misalnya standar sabuk pengaman mulai ditetapkan sebagai salah satu standar keamanan pada mobil. Kemudian pada tahun 1970-an fitur airbag mulai dikenalkan.

Saat ini mulai banyak berkembang lebih lagi terkait dengan mobil tanpa sopir dan ke depan justru diprediksi bakalan ada fitur yang membuat mobil bisa mendeteksi kondisi kesehatan si pengendara.

Sebagai contoh, Toyota dan Ford saat ini sedang melakukan riset untuk menaruh sensor kesehatan pada teknologi mobil tanpa sopir. Mobil bisa langsung pergi ke pinggir jalan dan memanggil pertolongan sesaat setelah mendeteksi pengendara mengalami serangan jantung atau diabetes.

"Detak jantung dan tingkat glukosa pada darah sebenarnya bisa efektif terkontrol karena jika tidak keduanya merupakan penyebab kecelakaan terbesar di jalan," kata Senior Executive Engineer Toyota Chuck Gulash dilansir CNBC, Senin (20/11/2017).



Tahun 2009 kata Chuck, badan keselamatan lalu lintas nasional Amerika Serikat mencatat penyakit diabetes menyumbang 20 persen dari kejadian kecelakaan sementara serangan jantung tercatat hanya 11 persen. Para pengendara tak menyadari kalau mereka menderita penyakit itu dan justru bisa meningkatkan angka kecelakaan.

"Selama 30 tahun kami melakukan riset soal penyebab kecelakaan. Namun tak banyak yang berhubungan dengan kondisi psikologis pengendara," kata Chuck.

Serangan jantung lebih berbahaya lagi karena pengendara bisa tiba-tiba tak sadarkan diri sehingga membahayakan pengendara lain juga. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +