Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 17 November 2017, 10:39 WIB

Sampai Bulan Ke-10, Penjualan Mobil Tak Turun

Ruly Kurniawan - detikOto
Sampai Bulan Ke-10, Penjualan Mobil Tak Turun GIIAs 2017 (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Bila dilihat secara total penjualan pada Januari-Oktober 2017, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) perolehan tahun ini naik hingga sekitar 2% dibandingkan tahun lalu.

"Tidak turun kok bila total penjualan Januari-Oktober tahun ini dibandingkan tahun lalu. Peningkatannya 2%, kecil sih. Tapi yang patut dicatat bahwa perkembangannya stagnan atau tetap, tidak ada penurunan daya beli," kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto ketika dihubungi detikOto di Jakarta.



Dari perkembangan sampai bulan ke-10, penjualan masih didominasi oleh kendaraan entry level seperti Low Multiple Purpose Vehicle (LMPV) dan LCGC. Hal tersebut dikarenakan harga yang sangat cocok dan bisa dijangkau oleh warga Indonesia.

"Sampai sekarang segmentasinya masih mirip tahun lalu, tidak terlalu jadi pergeseran. Di mana LMPV dan LCGC yang jadi primadonanya," tutur Jongkie.



"Ya hal itu karena harganya Rp 200 juta ke bawah dan daya masyarakat berada di situ," lanjutnya.

Berdasarkan tahun berjalan (Januari-Oktober 2017), penjualan mobil hampir menyentuh angka 900 ribu. Total selama 10 bulan tahun 2017, sebanyak 898.163 unit mobil terjual di seluruh Indonesia. Angka tersebut naik dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya menyentuh angka 874.703 unit (Januari-Oktober 2016). (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +