Jumat, 03 Nov 2017 09:02 WIB

Ini yang Terjadi Saat Mobil Melaju Kencang Lewati Polisi Tidur

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dok. Weibo Foto: Dok. Weibo
Jakarta - Saat sedang mengendarai mobil di jalan mulus dan tiba-tiba menemukan polisi tidur yang jumlahnya banyak pastinya menyebalkan ya Otolovers. Polisi tidur itu sebenarnya diciptakan agar para pengemudi bisa mengurangi laju kecepatannya.

Namun tak semua orang mengurangi laju mobilnya saat melewati polisi tidur, ada juga yang tetap melaju kencang saat melewati polisi tidur itu. Sebenarnya apa ya yang terjadi jika mobil tetap melaju kencang saat melewati polisi tidur atau peredam kecepatan itu?

Dalam sebuah video yang dilansir Carscoops, Jumat (3/11/2017), mobil bisa saja mengalami kerusakan jika dikendarai dengan cepat di jalanan seperti itu. Tapi tak semuanya, ada beberapa tipe mobil yang masih kuat diajak ngebut di jalanan bergelombang yakni mobil dengan ground clearance tinggi dan suspensi empuk pastinya tak terlalu mengalami kerusakan yang parah.

Ini tentunya berbeda dengan mobil seperti sedan dengan ground clearance rendah pastinya risiko kerusakan mobil bisa lebih parah daripada mobil dengan ground clearance tinggi.

[Gambas:Youtube]

Nah berkat video simulator dari BeamNG.drive, kita bisa melihat dampak dari mobil kencang menabrak polisi tidur. Meski belum tentu 100 persen realistis, mobil dengan ground clearance yang lebih tinggi dan suspensi lebih lembut, berpeluang bisa melaju di polisi tidur tanpa sepenuhnya rusak.

Contohnya pikap atau van berukuran besar bisa mengatasi semua polisi tidur dalam simulasi BeamNG.drive, di saat mobil lain gagal atau malah mengalami kerusakan saat melaju dalam kecepatan tinggi.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya