Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 30 Oktober 2017, 13:58 WIB

Laporan dari Yokohama

Mengenal 2 Mode Teknologi Mobil Tanpa Sopir Toyota

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mengenal 2 Mode Teknologi Mobil Tanpa Sopir Toyota Foto: Response
Yokohama - Di masa depan, mobil otonom bakal membanjiri industri otomotif dunia. Pabrikan asal Jepang, Toyota pun siap memperkenalkan teknologi mobil otonom yang tak memerlukan sopir.

Beberapa konsep mobil tanpa sopir Toyota dan Lexus dipamerkan di Tokyo Motor Show. Setidaknya, Toyota atau Lexus akan membawa teknologi mobil otonom pada 2020.

[Gambas:Youtube]



Toyota punya dua mode mengenai teknologi mobil tanpa sopir. Keduanya adalah Chauffeur dan Guardian.

"Chauffeur adalah benar-benar mobil otonom, tanpa perlu sopir memegang kendali mobil. Sedangkan Guardian adalah bantuan berkendara lebih aman saat sopir manusia mengendalikan mobilnya," kata Kiyotaka Ise, Chief Safety Technology Officer Toyota Motor Corporation saat presentasi soal teknologi maju dari Toyota di Pasifico Yokohama, Jepang.

Dengan mode Chauffeur, pengguna bisa membiarkan mobil berjalan sendiri. Misalnya, penyandang disabilitas atau orang yang malas mengendarai mobil ketika macet bisa menaiki mobil dengan mode itu tanpa harus memegang setir.

Dengan mode ini, mobil bisa berjalan sendiri, bisa berbelok sendiri, bahkan menghindari tabrakan.

Sementara ketika menggunakan mode Guardian, fitur-fitur keselamatan aktif akan membantu pengemudi. Mobil yang dibuat Toyota ini memiliki kamera yang bisa membaca mata atau kepala pengemudi ketika pengemudi tidak fokus berkendara. Misalnya, ketika pengemudi mengantuk dan tiba-tiba tertidur, sistem otonom akan aktif. Contoh selanjutnya, kalau di depan ada rintangan yang tidak terlihat oleh pengemudi, mobil secara otomatis juga akan menghindari tabrakan. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed