Sabtu, 28 Okt 2017 15:52 WIB

Laporan dari Tokyo

Leasing Kian Ketat Biayai Mobil, Persetujuan Kredit Bisa 10 Hari

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Tokyo - Perusahaan pembiayaan atau leasing saat ini dianggap lebih berhati-hati dalam menyalurkan kredit. Hal ini dirasakan oleh produsen mobil.

"Saat ini banyak perusahaan leasing atau pembiayaan lebih berhati-hati dalam melakukan pembiayaan. Terutama dalam proses approval, biasaya hanya membutuhkan waktu 3-4 hari, sekarang bisa 10 hari. Kenapa? Ya musti ditanya ke bagian leasingnya, kalau saya ngomong tidak berkompeten, itu yang kita rasakan," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, seperti dilaporkan reporter detikOto M Luthfi Andika dari Tokyo, Sabtu (28/10/2017)

Lalu apakah itu karena saat ini banyak konsumen otomotif yang merupakan first buyer yang baru pertama kali memiliki mobil dan kelas menengah kebawah?

"Mobil itu bukan menengah ke bawah, nggak ada. Kalau kelas A, B, C, itu pasti A (konsumen pengendara mobil-Red). Karena harga mobil berapa? Minimum Rp 100 juta, dan itu harus orang mampu (yang melakukan pembelian mobil-Red)," ujar Amel.

"Perusahaan leasing menurut saya, sangat hati-hati banget. Sangat hati-hati karena NPL-nya naik. Lalu apakah nanti tren ke depannya hanya main di bawah Rp 100 juta seperti Mini SUV? Jika nggak bisa disupport leasingnya, merekanya engga mau (konsumen masih enggan membeli mobil-Red). Sementara, jualan mobil nggak didukung leasing, nggak bisa. Karena memang masih banyak konsumen yang melakukan pembayaran melalui kredit," kata Amel.



(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com