Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 24 Oktober 2017, 12:52 WIB

Laporan dari Tokyo

Mahalnya Bikin SIM di Jepang, Sampai Rp 40 Juta!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mahalnya Bikin SIM di Jepang, Sampai Rp 40 Juta! SIM Jepang. Foto: Dok. Istimewa
Tokyo - Jepang merupakan salah satu negara yang sangat ketat dalam peraturan berlalu lintas. Bisa dibilang, warga Jepang selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

Budaya tertib lalu lintas sangat dijaga di Negeri Sakura ini. Menurut Ping Tjuan, salah satu pemandu wisata Toyota Tokyo Motor Show Trip 2017, Jepang adalah negara dengan budaya lalu lintas yang tertib.

"Anda tiba di negara dengan budaya lalu lintas terbaik di dunia," katanya menyambut kedatangan media otomotif dari Indonesia setibanya di Tokyo, Jepang, Selasa (24/10/2017).

Soal Surat Izin Mengemudi (SIM), otoritas Jepang pun tak sembarangan. Bahkan di negara ini, punya SIM seakan punya barang berharga.


Soalnya, menurut Ping Tjuan, membuat SIM di Jepang sangat mahal. Untuk memiliki SIM di negeri ini, warga Jepang harus menggelontorkan uang hingga puluhan juta rupiah

"Untuk membuat SIM di Jepang hanya 350 ribu yen, atau setara dengan 40 juta rupiah," katanya.

Bedanya sangat jauh dengan membuat SIM di Indonesia. Di Indonesia, tarif membuat SIM A untuk pengemudi mobil adalah Rp 120.000, dan SIM C untuk pengemudi motor hanya Rp 100.000.

(rgr/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed