Rabu, 18 Okt 2017 10:09 WIB

Mobil Listrik Bisa Jadi Lebih Murah Daripada Mobil Konvensional

Ruly Kurniawan - detikOto
Mengisi baterai mobil plug-in hybrid BMW i8 (Foto: Hasan Al Habshy) Mengisi baterai mobil plug-in hybrid BMW i8 (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta - Dalam rangka untuk membuat kendaraan yang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar tinggi dengan emisi yang rendah, sepertinya kendaraan listrik menjadi alternatif yang tepat. Oleh karena itu, kini berbagai produsen otomotif sedang mengembangkan kendaraan listrik.

Selayaknya kendaraan pada umumnya, mobil listrik juga memiliki dilema tersendiri terkait dengan harga jualnya. Karena, tidak hanya biaya perakitan, berbagai part dan fitur yang disematkan, hingga ongkos kirimnya saja yang menentukan harga jual pada mobil tersebut. Biaya baterai juga memiliki peranan penting di sana.



Menanggapi hal tersebut, menurut seorang eksekutif bisnis di Jepang, komponen untuk menggerakkan mobil listrik tersebut akan segera menurun dalam waktu dekat. Bahkan, bos dari Mitsubishi Electric, Masaki Sakuyama sepakat akan hal tersebut.

"Biaya baterai sekarang turun sangat cepat, jadi dalam waktu dekat, biaya kendaraan listrik akan sebanding dengan mobil konvensional," kata Masaki Sakuyama selaku Presiden dan CEO Mitsubishi Electric, seperti dilansir CNBC.



Dalam kesempatan yang sama, ia menambahkan bahwa baterai kendaraan listrik bisa menjadi lebih murah untuk diproduksi daripada mobil tradisional dengan mesin pembakaran seperti sekarang.

Sebagai informasi, Mitsubishi Motors yang merupakan bagian dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, saat ini memproduksi mobil listrik hatchback yang disebut i-MiEV. Mobil tersebut dapat melaju dengan kekuatan 330 volt, dengan baterai lithium-ion 16 kilowatt. Tak hanya itu, pembuat mobil lainnya seperti General Motors, Ford, Volkswagen, dan lainnya sedang mengembangkan hal yang sama, bahkan kini beberapa dari mereka sudah merilisnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.