Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 15 Oktober 2017, 13:06 WIB

Sabuk Pengaman Tak Dipakai, Angka Kecealakaan Meningkat

Dina Rayanti - detikOto
Sabuk Pengaman Tak Dipakai, Angka Kecealakaan Meningkat Pentingnya menggunakan sabuk pengaman (Foto: Istimewa)
Jakarta - Penggunaan sabuk pengaman di mobil bukan untuk asal-asalan, melainkan untuk menjaga keselamatan saat berkendara. Tapi masih banyak yang menganggap sepele soal pemakaian sabuk pengaman itu.

Terlihat dalam data Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NTHSA) jumlah kecelakaan bertambah 5,6 persen menjadi 37.461 kecelakaan di Amerika Serikat. Salah satunya karena tidak memakai sabuk pengaman.

Meskipun jumlah korban jiwa berkurang, dalam data tersebut ditemukan penyebab kecelakaan diakibatkan perilaku sembrono seperti ngebut, tidak mengenakan sabuk pengaman, dan mengemudi sambil makan dan minum.

Tercatat 10.428 korban jiwa akibat kecelakaan karena tak menggunakan sabuk pengaman. Padahal penggunaan sabuk pengaman yang tepat setidaknya bisa mencegah dari akibat fatal.

Kemudian yang cukup besar juga adalah kecelakaan yang diakibatkan pengaruh alkohol saat mengemudi dan melampaui batas kecepatan sebesar 10.497 kecelakaan.

Sebenarnya angka kecelakaan bisa ditekan asalkan para pengendara taat dan mengemudi sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed