Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 02 Oktober 2017, 16:28 WIB

Jualan Mobil Bensin di Eropa Salip Mobil Diesel

Dina Rayanti - detikOto
Jualan Mobil Bensin di Eropa Salip Mobil Diesel Mesin diesel VW (Foto: Volkswagen)
Jakarta - Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu satu dekade, jualan mobil bensin di Eropa mengalahkan penjualan mobil diesel.

Dikutip Carscoops, Senin (2/10/2017), dalam laporan dari asosiasi produsen mobil Eropa (ACEA) terlihat penjualan mobil bensin naik hampir 10 persen di semester pertama tahun 2017 jika dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Penjualan mobil penumpang berbahan bakar bensin saat ini tercatat terjual sebanyak 48,5 persen, 2,7 persen kenaikan dari tahun 2016 dan lebih besar dari diesel untuk pertama kali sejak 2009.

Di waktu yang bersamaan, permintaan akan mobil berbahan bakar diesel terus menurun. Pada 2016 misalnya penjualan mobil diesel mencapai 50,2 persen dari total mobil yang terjual di Benua Biru itu. Namun sekarang justru turun menjadi 46,3 persen.

Dalam enam bulan pertama tahun 2017 ini jualan mobil diesel berkurang 152.323 unit dibanding Januari-Juni tahun 2016.

Turunnya penjualan mobil diesel tersebut juga diikuti oleh kenaikan mobil ramah lingkungan yang bertenaga hybrid, listrik, LPG, dan Gas Alam hingga 35 persen atau sebesar 5,2 persen dari keseluruhan penjualan mobil.

"Mobil berbahan bakar alternatif sudah tidak diragukan lagi cukup berperan dalam penurunan tersebut terlebih lagi semua produsen mobil Eropa juga berinvestasi cukup besar di sana," kata Sekretaris Jenderal ACEA, Erik Jonnaert. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed