Senin, 02 Okt 2017 07:21 WIB

Pemerintah India Borong 10.000 Mobil Listrik Buatan Tata

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Ari Saputra
New Delhi - Pemerintah India memutuskan untuk membeli 10.000 unit mobil listrik dari produsen dalam negeri, Tata Motors untuk menggantikan armada mobil diesel dan bensin.

Mobil listrik itu akan digunakan untuk mengganti mobil selama 3-4 tahun ke depan. Jumlah 10.000 ini merupakan sebagian kecil dari total 500.000 kendaraan yang dibutuhkan berbagai badan pemerintah.

Seperti dilansir Reuters, Senin (2/10/2017), Tata Motors mengalahkan produsen Jepang Nissan dan produsen India lainnya Mahindra & Mahindra dalam tender pengadaan mobil listrik. Tata Motors akan mulai memasok mobil listrik untuk pemerintah pada bulan November mendatang.

India menginginkan penggunaan mobil listrik lebih massal lagi agar bisa mengurangi emisi karbon dan permintaan energi. India beberapa waktu lalu mengeluarkan kebijakan yang isinya memutuskan tahun 2030 semua mobil adalah mobil listrik dan membatasi pendaftaran mobil bensin dan diesel.

Hanya saja, harga mobil listrik saat ini masih mahal karena tingginya biaya produksi baterai. Stasiun pengisian baterai pun belum banyak tersedia di jalanan. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com