Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 26 September 2017, 18:24 WIB

Pemkot Palembang Adakan Uji Emisi Kendaraan Gratis

Raja Adil - detikOto
Pemkot Palembang Adakan Uji Emisi Kendaraan Gratis Foto: Humas Pemkot Palembang
Palembang - Untuk memastikan bahwa kendaraan di kota Palembang layak berada di jalanan, Pemerintah Kota Palembang mengadakan uji emisi kendaraan gratis.

Tidak ketinggalan Wali Kota Palembang Harnojoyo ikut serta melakukan uji kendaraan dinas miliknya yang dibuka di Jalan Demang Lebar Daun. Terpantau hasilnya mobil tersebut lulus uji emisi dengan kondisi baik.

"Kita ingin memastikan kendaraan di Palembang lulus uji emisi, sehingga dapat mengurangi pencemaran udara di Kota Palembang. Termasuk kendaraan dinas yang selalu saya gunakan ini," ujar Harnojoyo kepada wartawan, Selasa (26/9/2017).

Dengan status kota Palembang sebagai kota layak huni, Harnonoyo ingin memastikan kondisi lingkungan yang layak jelang Asian Games 2018 mendatang. Sehingga dengan pengujian secara gratis ini pemerintah kota Palembang dapat menjaga kwalitas udara dari pencemaran akibat emisi gas buang kendaraan.

"Kita akan terus jaga lingkungan sebagai kota layak huni, dengan uji emisi ini kita berharap pada pelaksanaan Asian Games nanti udara di Palembang ini bersih. Terutama dari pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan," sambungnya.

Di lokasi, terpantau kendaraan yang melintas berbondong-bondong memanfaatkan fasilitas gratis ini untuk memastikan kondisi emisi gas buang kendaraan pribadinya. Tidak jarang ada kendaraan yang melalukan konsultasi atas hasil yang dikeluarkan saat pengujian.

Pemasangan stikerPemasangan stiker Foto: Humas Pemkot Palembang


Selanjutnya, mobil yang lulus pengujian emisi kendaraan akan diberikan stiker khusus sebagai bentuk peduli lingkungan. Dengan demikian, pemilik kendaraan telah ikut serta menjaga dan membatasi pencemaran udara dari hasil pembakaran kendaraan.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Palembang Faizal menjelaskan, pemilik kendaraan dapat mengetahui tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil setelah dilakukan analisa kandungan CO2 (gas karbondioksida) dan HC (hidrokarbon) dalam gas buang.

"Dengan uji emisi, dapat membantu pemilik kendaraan untuk mengetahui apakah dalam kondisi baik atau tidak. Termasuk efektifitas proses pembakaran yang akan berdampak pada lingkungan itu sendiri," ujarnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +